Hikmah Orang Sakit Dan Kesempatan Untuk Yang Sehat

Posted on

|
Hikmah Orang Sakit Dan Kesempatan Untuk Yang Sehat

|

DosenIslam.com || Dalam hidup didunia ini tidak ada manusia yang belum pernah merasakan sakit, sakit pasti akan selalau menemani kita dalam hidup ini, tidak peduli beliau adalah seorang praktisi kesehatan, dokter, presiden, dan semua orang didunia ini tanpa terkecuali bahkan nabi kita pun nabi Allah Nabi Muhammad SAW juga pernah merasakan sakit.

|

Hikmahnya Sakit .

Pastinya perlu kita sadari lagi bahwa semua yang telah Allah SWT berikan kepada kita, semuanya pasti ada Hikmahnya, hanya saja terkadang kita kurang mencoba untuk sabar dalam menghadapi nya, sehingganya membuat kita buta dan tidak tahu apa hikmah dari ujian “Sakit” yang Allah SWT berikan kepada kita.

Salah satu hikmanhya yang bisa kita ambil dari Sakit yang menimpa kita adalah Kita bisa merasakan betapa mahalnya nikmat hidup sehat, sehingga dengan hal tersebut kita akan lebih baik lagi untuk memanfaatkan sebaik-baik mungkin nikmatnya sehat yang telah Allah SWT berikan kepada kita, dan dengan itu pula kita akan menjahui hal-hal yang dapat merusak hidup sehat kita ini.

|

Kesempatan Untuk Yang Sehat .

Kita percaya bahwa semua yang terjadi kepada kita tidak pernah lepas dari kehendak Allah SWT, maka dari itu kita pun juga percaya bahwa semua yang telah Allah SWT berikan kepada kita pasti ada hikmahnya, asal syaratnya kita sabar dalam menjalaninya, dan ketika kita telah sabar dan pasrah melewatinya maka hal tersebut akan berbuah menjadi sebuah kebaikan.

Karenanya Allah SWT telah mengsyariatkan agar kita membesuk atau mengjenguk saudara kita yang sakit. Sebab dengan Membesuk saudara kita yang sakit, secara tidak langsung akan menumbuhkan perasaan perhatian, peduli, melembutkan hati, menambah keimanan, dan memberikan pahala kebaikan.

Dan berharaplah mudah-mudahan para Malaikat mendokan setiap langkah kaki kita yang digunkaan untuk menjenguk atau membesuk saudara kita yang sakit.

Dan Barang siapa membesuk atau mengjenguk saudarannya semuslim, maka ia akan seakan-akan selalu berada di Khorfatil Jannah sampai ia kembali

Dikatan, “Ya Rasulullah ! apakah Khorfatil Jannah itu ?” Beliau menjawab, “ ia terus menerus memanen buah di Jannah.”

Karenanya Bila kita kalian selalu berniat untuk membesuk atau menjenguk saudaranya yang sakit, maka cobalah untuk selalu menghibur orang yang sakit itu, selalu katakan apa yang membuatnya gembira, seperti mungkin kita bisa ingatkan bahwa akan ada pahala kesabaran dalam menunggu jalan keluar atas sakit ini, dan jangan lupa katakana juga bahwa sakit itu baik, dan akan ada tidak masalah bila kita sakit insya Allah semua akan baik-baik saja, serta insya Allah bila sabar, sakit akan membuka pintu taubat baginya.

Wallahu A’lam. Semoga Allah melalui artikel Hikmah Orang Sakit Dan Kesempatan Untuk Yang Sehat , insya Allah akan selalu menuntun kita untuk selalu bisa membahagiakan saudara kita yang terkena ujian sakit.

|

Lihat Juga Tulisan Inspiratif lainnya :

|

|

|

|