8 Hal Sunnah Idul Adha (Tahukah Anda ?)

Posted on

.

8 Hal Sunnah Idul Adha (Tahukah Anda ?)

DosenIslam.com || Tahukan Antum ? bahwa Sunnah adalah sebuah perkara yang bila kita lakukan akan mendapatkan pahala dan bila kita tidak lakukan tidak akan mendapat pahala maupun keburukan, namun Ustad kami pernah mengatakan “Bila kita tidak melakukan Sunnah memang tidak mengapa, hanya saja perlu kita sepakati bersama bahwa bila kita melawatkan Sunnah maka sesungguhnya merugi sekali kita, sebab dengan amalan Sunnah lah bisa jadi menjadi penambal langkah kita menuju Surganya Allah SWT.”

Oleh Karena itu pada kesempatan kali ini kami dosenislam.com akan mencoba membahas mengenai masalah Sunnah, Sunnah yang kami akan bahas kali ini yaitu “8 Hal Sunnah Idul Adha (Tahukah Anda ?)

 

8  Sunnah Yang Dilakukan Saat Idul Adha

Izinkan kami untuk mencoba berbagi ilmu yang pernah kami dapat, hati siapa yang tidak gembira ketika menyambut hari raya idul Adha, suara gema Takbir bergema disetiap dari ujung Surau Kampung hingga Masjid Agung kota besar, semua orang tampak bahagia dengan pakaian yang serba baru dan rapi, dan tentunnya juga dengan keimanan yang semakin baik dari hari ke harinya.

Oleh Karena itu untuk melengkapi nya kita juga harus memiliki adab dan sunnah lainnya yang mungkin masih banyak diantara kita melupakannya.
Apa saja kah amalan-amalan sunnah menjelang dan pada saat hari raya Idul Adha atau sering disebut juga dengan hari raya Qurban.

Mari kita bahas satu demi satu. Inilah hal-hal yang sunnah dilakukan saat hari raya Idul Adha:

.

Mengumandangkan dan memperbanyak takbir

Amalan Sunnah yang pertama bagi seluruh umat Muslim adalah mulai untuk mengumandangkan dan memperbanyak ucapan takbir, sejak dari malam tanggal 10 Dzulhijjah hingga sampai tanggal 13 Dzulhijjah.

.

Mandi, bersiwak dan Memakai Wewangian Tanpa Alkohol

Amalan selanjutnya iyalah, Sebelum kita mengerjakan shalat hari raya atau shalat Idul Adha disunahkan kita untuk memulai dengan mandi, lalu bersiwak serta jangan lupa memakai wewangian Tanpa Alkohol di badan atau pakaian kita.
Dan ini hadist tentang Mandi Sunnah saat hari raya.

.

 

 

Tidak Makan sebelum berangkat

Amalan Sunnah selajutnya iyalah tidak makan sebelum berangkat, hal Ini merupakan salah satu sunnah yang diajarkan oleh Nabi kita, Rasulullah Muhammad SAW. Pada saat kita berada pada hari raya Idul Adha kita memulainya untuk berpuasa atau tidak makan dan minum sebelum kembali dari sholat Idul Adha, yang sebagaimana telah di sabdanya oleh Rasulullah SAW yang artinya:

 

 

Ketika Menuju Tempat Shalat Lebih Baik Dengan Berjalan Kaki

Selanjutnya, Pergi ke Tempat Shalat dengan Berjalan kaki, hal ini sesuai dengan Hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah.

 

 

Waktu Shalat Idul Adha Lebih Pagi Lebih Baik

Sunnah selajutnya iyalah dalam Pelaksanaan ibadah sholat Idul Adha, sangat dianjurkan untuk kita langsung mensegerakan, maksudnya jika sholat dimulai lebih pagi itu malah lebih baik dan utama. Berbeda halnya dalam waktu pelaksanaan Ibadah Sholat Idul Fitri.
Mengapa harus disegerakan, tujuannya tidak lain agar proses penyembelihan hewan kurban dapat kita lakukan tidak terlalu siang, dan kebalikannya dengan Sholat Idul Fitri diakhirkan dengan tujuan memberikan waktu kelonggaran untuk membayar zakat fitrah.

 

Mendengarkan khutbah

Lalu selanjutnya iyalah Mendengarkan khutbah yang dimana hukumnya adalah sunnah dan tidak berpengaruh pada keabsahan shalat ‘Ied. Rasulullah SAW bersabda yang artinya seperti dibawah ini :

 

 

Jangan lupa Untuk Saling Memberi Ucapan

Disunatkan buat kita untuk saling mengucapkan selamat seperti ?

“Taqabbalallahu minnaa wa minkum (Semoga Allah menerima amal kita dan anda sekalian)“.

 

Menyembelih Hewan Kurban dan Membagikannya Dengan Niat Amal Kepada Allah

Ada dua hal yang perlu kita ketahui yaitu Menyembelih kurban itu sebenarnya disunnahkan bagi kita yang mampu. Dan dalam menyembelih hewan kurban kita juga disunahkan untuk menjaga adab-adab penyembelihan. Rasulullah bersabda:

 

 

Itulah dia pembahasan kita mengenai : ” 8 Hal Sunnah Idul Adha (Tahukah Anda ?) “, Wallahu A’lam semoga kita dapat memetik Hikmah dan dapat mengamalkan kebaikannya.

 

Lihat Juga Tulisan Inspiratif Lainnya:

 

.

.

.

.