“100 % PENTING” Apa itu Mawaris ?

Posted on

|

“100 % PENTING” Apa itu Mawaris ?

DosenIslam.com ||Bismillahirrohmanirrohim Segala puji hanya bagi Allah SWT, Rabb semesta alam ini. Dan Shalawat serta salam kepada Nabi kita Nabi Allah Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabat dan serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik dan benar hingga akhir zaman.

Apa itu Mawaris ? nah Sebelum kita mencoba membahas permasalaahan ini izinkan saya bertanya pernahkan kita mendengar dalam kehidupan sehari-hari, tentang terjadinya perpecahan, bahkan sampai pada pertumpahan darah, dan bahkan hal itu malah terjadi di antara sesama saudara atau kerabat dalam hal masalah memperebutkan  harta waris.
Kalau iya, pernahkan kita berfikir seperti apa solusi terbaik dalam mencoba memecahkan permasalahan tersebut yang mengenai Harta Waris ? inilah dia pembahasan kita kali ini  Apa itu MAWARIS ?

 

Latar Belakang Pentingnya “Ilmu Mawaris”

Sehubungan dengan itu , jauh sebelumnya Allah SWT telah mempersiapkan dan menciptakan suatu solusi dalam bentuk aturan-aturan membagi harta waris secara adik, baik dan benar. Karena sejatinya setiap hal yang telah Allah SWT buat merupakan hal-hal yang pasti akan kita butuhkan dalam menjalani hidup ini.

Karnanya sebagai hamba Allah SWT kita diwajibkan untuk selalu mengikuti dan wajib melaksanakan HukumNya dalam semua aspek kehidupan, nah termasuk Aspek mengenai Hak Harta Waris, bagi siapa membagi Harta Waris yang tidak sesuai dengan hukum Allah SWT, maka nerakalah tempat selama-lamanya .

 

Dasar Mengapa Harus Belajar “ILMU MAWARIS”

Melalui penjelasan singkat diatas saya berharap bahwa para pembaca sekalian cukup mengerti mengenai latar belakang mengenai pentingnya ilmu tentang MAWARIS , nah bila sudah maka kali ini saya akan menyampai kan beberapa alasan mengenai betapa pentingnya kita mempelajari hal tersebut.

Mari kita coba lihat dalil surat An Nisa ayat 14 yang artinya kurang lebih seperti ini :

Dan barang siapa mendurhakai ALLAH dan Rasul-Nya dan melanggar ketentuan-ketentuan-Nya,niscaya Allah memasukan ke dalam api Neraka sedang ia kekal didalamnya dan baginya siksa yang menghinakan.”
(QS An-Nisa : 14)

Sedangkan untuk dasar Hadistnya seperti yang di Sabdakan Rasulullah SAW yang artinya :
Bagilah harta waris/pusaka antara ahli waris menurut Kitabullah (Al Qur’an).”
(
HR Muslim dan Abu Dawud)

 

Kesimpulannya ?

Intinya adalah MAWARIS merupakan suatu cabang Ilmu pengetahuan yang mempelajari cara-cara pembagian harta waris. MAWARIS juga sering disebut Faraid karena mempelajari bagian-bagian penerimaan yang sudah ditentukan sehingga ahli waris tidak boleh mengambil harta waris melebihi ketentuan. nah adapun hukum mempelajarinya, FARDU KIFAYAH

Demikianlah pembahasan kali ini Wallahu A’lam semoga Allah SWT mudahkan kita untuk selalu mendapatkan Ilmu-ilmuNya sehingga kita tidak akan dibodohkan oleh Zaman ini.

 

Lihat juga: