Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 2 (End)

.

Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 2


DosenIslam.com || Allhamdulilah Segala Puji bagi Allah, melanjutkan pembahasan kita yang sebelumnya mengenai ” Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 1 “, jika di pembahasan sebelumnya kita membahasa ketiga hal ini melalui kaca mata keilmuan kita, maka dalam pembahasan kali ini, kami akan menyampaikan dalam pendapat para Iman-iman dan orang soleh terdahulu mengenai apa saja makna yang belum kita ketauhi dalam ayat ini.

Inysa Allah kami akan menyampaikan sedikit dari sekian banyak penjelasan dari Iman-iman dan orang soleh terdahulu, oleh karna itu jika masih ada yang kurang jelas dan belum tepat mohon kritik dan sarannya.

 

Surat Al Isra : 36

Masih ingat arti suratnya ? kalau belum inilah artinya :

Allah berfirman “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”

 

Penjelasan Surat Al Isra : 36

“Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya…….”
Artinya yang dijelaskan  pada sebuah Tafsir yang dijelaskan oleh Imam Qurthubi  yaitu jangan mengikuti apa yang tidak kamu ketahui dan tidak penting bagimu. Jika kita memiliki ilmu pengetahuan, oleh karenanya manusia diperbolehkan untuk menetapkan suatu hukum berdasarkan pengetahuannya itu.

 

“…….Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya”
Artinya yang diterangkan menurut sebuah Tafsir yang dijelaskan oleh Imam Qurthubi, Ibnu Katsir yaitu bahwa dari  dari semua itu akan ditanya tentang apa yang dilakukannya. Hati akan Allah tanya tentang apa yang dipikirkan oleh hati dan juga apa yang diyakini oleh hati. Pendengaran dan penglihatan mata akan ditanya tentang apa yang dia lihat selam di dunia ini, dan pendengaran juga akan ditanya tentang apa yang ia dengar selama ini. Mendengar hal baik atau kah hal buruk. Setiap bagian dianggota tubuh kita kelak akan diminta pertanggungjawaban di hari kiamat.

Allah melarang kita mengatakan sesuatu tanpa pengetahuan, bahkan melarang pula mengatakan sesuatu berdasarkan suatu dugaan atau menebak-nebak sesuatu yang bersumber dari sangkaan dan ilusi (Tafsir Ibnu Katsir)

 

“Dan janganlah kamu mengikuti (Al-qafwu, mempunyai makna  yang artinya adalah  al-ittiba’ yaitu mengikuti) apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentang…”
adapun menurut sebuah tafsir yaitu (Tafsir Al Aisar) yaitu Hikmah dari ayat ini adalah memberikan batasan-batasan hukuman, karena banyak kerusakan yang disebabkan oleh perkataan yang tanpa dasar. Janganlah kamu mengikuti perkataan dan perbuatan yang sama sekali tidak kamu ketahui ilmunya, dan janganlah kamu mengatakan bahwa aku telah melihat ini dan juga itu padahal aku sama sekali tidak  mendengar ini padahal kamu tidak mendengarnya. Firmannya ,”Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan Allah minta pertanggung jawabnya”
Janganlah kamu mengikuti sesuatu yang tidak kamu ketahui ilmunya, karena Allah Ta’ala akan menanyakan anggota badan ini pada hari Kiamat tentang apasajaka yang sudah di ucapkan oleh tuannya atau juga apa saja yang sudah dikerjakannya maka dia nanti akan bersaksi dengan smua apa saja yang dia ucapkan atau yang dikerjakan dan diperbuat dari perkataan dan perbuatan yang dilarang.

 

Dan sangat buruk kita bila berkata atau berbuat sesuatu tanpa didasari oleh ilmu pengetahuan, karena dapat menyebabkan kerusakan. Dan bila Allah Ta’ala akan menanyakan seluruh anggota badan dan meminta persaksiannya pada hari Kiamat jawaban apa yang akan kita berikan ?
Oleh karena itu penting bagi kita untuk Menjaga 3 hal ini agar kita selalu bisa mencegah dari mendengar, melihat dan berprasangka buruk, berdoalah selalu agar Allah SWT mudahkan kita dari hal yang dapat merusak dan mempengaruhi keimanan kita. Wallahu A’lam semoga pembahsan kita kali ini tentang ” Surat Al Isra : 36, 3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat Part 2 ” akan menambah ilmu kita dalam menjalani hidup didunia ini.

 

Lihat Juga :

 

 

 

 

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • cara menjaga pandangan agar tidak mengandung unsur zina
  • asbabun nuzul qs al isra ayat 36
  • menundukkan pandangan dari melihat aurat dalam istilah islam disebut
  • asbabul nuzul qs 17 ayat 36
  • asbabunnuzul surah al isra ayat 36
  • dalam islam menundukkan pandangan sering disebut dengan istilah
Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 2 (End) | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: