Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 1

.

Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 1

 

dosenislam.com || Tahukah kita tentang “3 hal yang akan menjadi Pertanggung jawaban kita di Akhirat ?” , Tiga hal tersebut iyalah Pendengaran, Penglihatan dan Hati. Oleh karenanya hal itu pun dituliskan dalam tinta emas Al Qur’an yaitu :

Dalam Surat (Al Isra : 36) yang artinya :

Allah berfirman “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungan jawabnya.”.

 

Yang Pertama Pendengaran

Pendengaran atau Telinga adalah salah satu informasi dan pengetahuan bagi kita sebagai manusia. Telinga adalah jendela ilmu dan ilmu terbaik bagi telinga yang sadar akan diiringi dengan zikir. Mendengar kebenaran akan menambah kemantapan Keimanan diatas kebenaran. Sedangkan mendengarkan kebatilan akan berdampak keburukan ke dalam diri.

Oleh karnanya sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga kedua Telinga kita untuk selalu mendengar hal-hal yang baik dan benar apa adanya.

 

Yang Kedua Penglihatan

Penglihatan atau Mata merupakan pintu pertama kita dalam mengenal segala macam hal yang ada didunia ini, dengan melalui ini kita dapat mengetahui semua ibadah yang akan kita pelajari, seperti halnya para sahabat ketika baru pertama kali belajar Sholat, Rasulullah SAW bersabda “Sholatlah kalian sebagaimana yang aku contohkan”, dan dari sana pulalah akhirnya kita mengetahui gerakan-gerakan sholat yang sampai saat ini kita lakukan.

namun perlu kita ketahui juga bila kita juga salah menggunakan mata ini, maka buka tidak mungkin, kita akan terjatuh dalam kubangan Dosa besar, maka dari itu wajiblah bagi kita sebagai Hamba Allah SWT agar selalu menjaga pandangan kita tertutama dalam memadang hal-hal yang dilarang oleh Allah SWT.

 

Yang Ketiga Hati

Hati merupakan hal terakhir yang akan menentukan semua hal yang akan kita perbuat, oleh sebab itu Rasulullah SAW pun berbesan dalam hadistnya yang artinya :

 

Karnanya kita pun juga harus terus menjaga hati kita agar selalu dalam keadaan baik, dan caranya iyalah selalu memperbanyak amal soleh dan menjahui setiap hal yang larang Allah SWT, dan Insya Allah kelak nanti ketika kita diminta pertanggung jawaban insya Allah kita siap.

 

Akhir Zaman

Pada intinya di akhir zaman ini merupakan zaman yang penuh fitnah, bahkan parahnya semua PERKARA TENTANG AGAMA dan YANG BAIK dijadikan sesuatu yang kuno dan bukan hal yang penting untuk dilakukan, tetapi sebaliknya sesuatu hal yang berbau MAKSIAT dan PUNYA PENGARUH KEBURUKAN dibiarkan begitu saja. Nauzubillahiminzalik.

Maka dari itu kita sebagai Hamba Allah SWT yang beriman dan Pengikut Nabi Muhammad SAW sudah menjadi kewajiban kita untuk mulai menjaga 3 Hal ini, mulai dari sekarang kita niatkan apa pun yang kita dengar bila tidak jelas kebenarannya maka ada baiknya kita tinggalkan, lalu kita jaga mata kita untuk selalu melihat yang baik dan minta sama Allah SWT agar kita selalu terjaga dari dosa mata, dan jangan lupa untuk selalu terus menerus memperbanyak amalan-amalan terbaik kita agar Hati ini selalu berada pada jalan terbaik Allah SWT.

Wallahu A’lam demikian tulisan tentang ” Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 1 “, semoga bermanfaat.

 

Lihat Juga :

 

 

 

 

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • tajwid Q s Al isra ayat 23 dan 24
  • hukum surah al isra
  • hukum tajwid surah al-isra ayat 23-24
  • surah al isra ayar 23 pemahaman tajwidnya
Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 1 | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: