[PENTING !] Pengertian Sabar Dalam Islam

[PENTING !] Pengertian Sabar Dalam Islam

 

 

DosenIslam.com || Ingatlah !! Jika ketika kita sabar maksdunya adalah menyerah pada kezaliman, berarti harus kita sadari hal itulah yang disebut dengan menganiaya diri sendiri.

Dalam Bahasa umum sederhana kita, Sabar adalah suatu bentuk perjuang sikap dalam menahan, menunggun, mengubah, sesuatu bentuk keinginan dan emosi serta menerima suatu ketetapan yang telah Allah SWT berikan pada saat itu.

 

Sabar Seni Melatih Kekokohan Jiwa.

 

Sabar bisa dipandang sebagai bentuk kemampuan seseorang dalam mengendalikan diri, melatih kekokohan jiwa dan melatih kemantapan hati dalam menanti ketetapan Allah SWT yang terbaik.
Oleh karna itu Guru-guru kami selalu menganggap orang yang sabar adalah Orang yang telah memiliki Kekokohan Jiwa.

Dan untuk mengukur sudah seberapa kokoh atau seberapa sabarkah jiwa kita, harus dilihat terlebih dahulu permasalah yang kita hadapi, dan umunya ada dua jenis permasalah mengenai Ke’SABAR’an yang sering kita hadapi yaitu pertama sabar kecil yaitu sabar terhadap sesuatu yang idak disukai, sementara sabar besar adalah sabar terhadap sesuatu yang dicintai.

 

Bersabarlah ketika Allah Menguji Agar kita termasuk Orang yang beruntung.

 

Ya, selalu lah bersabar dalam menerima ketetapan yang telah Allah SWT berikan kepada kita, sebab bisa jadi semua hal yang telah kita terima dari Allah SWT merupakan sebuah bentuk Ujian untuk kita jalani, sebagaimana hal itu telah Allah SWT firmankan dalam Al Qur’an surat Al baqarah (2) : Ayat 155 yang artinya seperti berikut :

 

 

Maka dari itu teruslah bersabar, bersabarlah sampai Allah memberika kita ketetapan terbaiknya, dan akan Allah SWT masukkan kita kedalam kelompok atau golongan orang-orang yang bertuntung, yang dimana hal ini telah Allah SWT juga sampaikan dalam Al Qur’an surat Ali Imron (3) : Ayat 200 yang artinya seperti berikut :

 

 

Nasihat Orang Sholeh

 

Ada sebuah pesan yang sampai hari ini membekas di ingatan kami yaitu

Dari Abu malik al harits ra berkata Rasulullah saw bersabda “suci adalah sebagian dari iman, membaca alhamdulillah dapat memenuhi timbangan, subhanallah dan alhamdulillah itu dapat memenuhi semua yang ada di antara langit dan bumi, sholat itu adalah cahaya, sedekah itu adalah bukti iman, sabar itu adalah pelita dan Al Qur’an untuk berargumentasi terhadap yang kamu sukai ataupun terhadap yang tidak kamu sukai, semua orang pada waktu pagi menjual dirinya, kemudian ada yang pada waktu pagi membebaskan dirinya dan ada pula yang membinasakan dirinya. (HR. Muslim).

Dan terakhir,Tahukah kita Ada 3 bentuk macam kesabaran yang harus kita selalu ingat, yaitu :

1.Sabar dalam melaksanakan taat kepada Allah SWT

2.Sabar dalam menjauhi kemaksiatan

3. Sabar dalam menerima takdir Allah

 

Seperti apa ? dan apa maksdunya ? Insya Allah akan kita bahasa dalam pembahsan berikutnya Insya Allah.

Wallahu A’lam, semoga penjelasan sederhana dan singkat dari kami tentang ” Pengertian Sabar Dalam Islam ” dapat menjadi manfaat serta mudah kita amalkan. dan semoga Allah selalu menjaga kita dalam Jalan terbaikNya.

Lihat Juga :

 

 

 

 

[PENTING !] Pengertian Sabar Dalam Islam | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: