PENTING ! Hak Muslim Atas Muslim Lainnya Part 1

|
PENTING ! Hak Muslim Atas Muslim Lainnya Part 1


|

DosenIslam.Com || Tahukah kita ? bahwa kita semua sebenarnya bersaudara, saudara seagama yang disatukan dengan ikatan Keimanan. Sebuah ikatan yang lebih kuat dari pada ikatan apapun didunia ini.

Pada hari kiamat kelak bukan jadi rahasia umum lagi bahwa disana kita tidak akan lagi bisa melihat hubungngan nasab diantara kalian, baik itu antara anak dengan orangtuanya, istri dan suaminya, serta antara dua orang sahabat karib.

Ya benar, Pada hari itu kita tidak akan bisa lagi berharap dengan teman-teman karib kita, bahkan yang terburuknya malah, bisa menjadi musuh bagi kita.
Untungnya, Allah SWT buat suatu pengeCualian yaitu, bila mereka itu orang-orang bertakwa maka Insya Allah, di hari tersebut Allah SWT akan menolong kita.

|

Orang yang Selalu Menjaga Persaudaraan.

Karena itu, wahai para pembaca sekalian para saudara saya se-muslim, mari kita mulai dari sekarang untuk mencoba mewujudkan persaudaraan ini dengan cara saling mencintai dan menyayangi diantara kita, mulai dari sekarang mari kita mulai dari diri kita masing-masing mulai untuk selalu menginginkan kebaikan untuk saudarannya, tolong-menolong dalam kebajikan, dan memulai untuk melaksanakan semua hal-hal yang nanti bisa memperkuat dan mengikat serta menumbuhkan semua ikatan persaudaraan tersebut.
Selain melakukan hal tersebut ada hal-hal yang lain untuk kita juga lakukan, yaitu mulai menjauhi semua hal-hal yang dapat melemahkan, merenggangkan dan mengurangi persaudaran kita antar sesama muslim.
Karena perlu kita sadari bersama bahwa Umat Islam kita ini, tidak akan bisa lagi menjadi umat dan bahkan tidak akan memiliki kekuatan sama sekali, bila kita terpecah belah.
Karenannya Rasulullah Muhammad SAW mengingatkan kita dalam hadistnya yang mengambarkan sifat-sifat kita sebagai sesama Muslim, yang artinya :
“Perumpamaan seorang mukmin dengan orang mukmin lainnya ibarat bagunan yang saling menguatkan.”
Para pembaca dan saudara ku semuslim, Allah SWT telah mensyariatkan apa yang bisa mengutakan persatuan kita, serta menghilangkan permusuhan dan perpecahan kita dengan sesama. Maka dari itu Allah SWT telah mensyariatkan kita agar, kita bisa saling mengucapkan salam.
Sebab dengan Salam secara tidak langsung akan menambahkan rasa kecintaan dan keakraban kita dengan saudara kita sesama Muslim.

|

Salam bisa menanamkan kecintaan dan keakraban.

Ya benar, Salam bisa menanamkan rasa nyaman dan keakraban, sebab secara tidak langsung salam akan membuat diri kita untuk bisa menghargai semua saudara kita sesama Muslim baik yang kita kenal maupun yang tidak kita kenali.

Sedangkan tindakan yang mencoba menghindari orang lain secara sengaja akan bisa mengakibatkan kebencian dan keterasingan dari orang lain dan jangan pernah salahkan orang lain bila kita tidak dihargai dan kurang dipedulikan oleh orang lain.

Karenanya mari kita coba niatkan jika kita bertemu dengan saudara kita sesama muslim, maka hendaklah berusaha mengucapkan salam kepadanya. Sebab Yang terbaik diantara kita adalah yang selalu mengucapkan salam terlebih dulu. Dan Sebaliknya, orang yang disalami hendaklah menjawab salam dengan wajah berseri, dengan jawaban yang bisa didengar oleh pemberi salam.

Sebab dalam hukum mengucapkan salam,
Yang Mengucapkan Salam Sunnah Hukumnya
dan Yang Menjawab Salam Wajib Hukumnya.

|

Demikianlah pembahasa kali ini mengenai Hak Muslim Atas Muslim Lainnya Part 1 Wallahu A’lam semoga tulisan ini dapat memberikan hidayah dan kebaikan kepada kita untuk selalu menjaga hubungan persaudaraan dengan saudara kita sesama Muslim.

|

Lihat JUGA :

|

|

|

PENTING ! Hak Muslim Atas Muslim Lainnya Part 1 | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: