Penjelasan Perkataan Nabi Muhammad SAW “Agama Adalah Nasehat” Part 1

|

Penjelasan Perkataan Nabi Muhammad SAW  “Agama Adalah Nasehat” Part 1

|

DosenIslam.Com || Tahukah kita bahwa Nasehat merupakan suatu landasan agama, tahukah kita bahwa dengan nasehat kita dapat mengakkan tiang-tiang agama. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya Nabi Muhammad SAW bersabda, yang artinya kurang lebih seperti ini.

“Agama adalah nasehat. Agama adalah nasehat. Agama adalah nasehat”

Lalu para sahabat bertanya ,

“Untuk siapakah, ya Rosulullah ?”

Dan Beliau menjawab,

“Untuk Allah, kitab-Nya, RasulNya, serta untuk para pemimpin dan umatnya kaum muslimin.”

 

Nah Apabila kita sebagai pengikut Nabi Muhammad SAW, memberikan nasehat dalam keempat persoalan ini, inysa Allah dia telah mencoba menyempurnakan agamanya. Dan kalau pun ada yang melalaikan dan menghiraukan nasehat tersebut, maka agamanya akan berkurang sesuai dengan kadar kelalainya itu.

Ehm… apa yang menyembabkan pentingnya Perkataan Nabi kita ini ? apa pentingnya Nasehat ini yang telah disampaikan dari Nabi kita ? ini lah penjelasan singkat Perkataan Nabi Muhammad SAW  “Agama Adalah Nasehat” Part 1

|

Nasehat Untuk Allah.

Nasehat untuk Allah, Allah di beri nasehat ? sebenarnya bukan itu maksud sesungguhnya, maksud sebenarnya ini ditujukan kepada diri kita masing-masing, mengenai tentang keikhlasan dan kebenaran tujuan kita selama ini dalam mencari Ridho-Nya Allah SWT.

DIharapkan bahwa kita itu benar-benar menjadi seorang hamba Allah SWT yang sebenar-benarnya, sejati, rela dan Ikhlas terhadap semua ketetapan-Nya, bersyukur dengan pemberianNya, melaksanakan semua perintah-perintahNya, dan selalu menjauhi semua laranga-larangaNya.

Dan pastinya Semua hal itu akan dilaksanakan dengan niat yang Ikhlas untukNya, dan tidak berharap dengan hal yang lain serta murni untuk tidak bermaksud riya’ atau sum’ah.

|

Nasehat Untuk Kitab Allah.

Nah lalu Aadapun nasihat untuk kitab Allah maksdunya sebenarnya adalah bagimana dan sudahkah kita membacanya, memahaminya dan melaksanakan semua perintah-perintahnya serta menjauhi semua laranga-larangannya.

Dan tidak hanya sampai disitu saja, sudah kah kita mempercayai dan membenarkan semua berita-beritanya, membela kebenaran martabanya dan melindunginya dari semua hal-hal yang ingin  merubahanya seperti yang pernah dilakukan oleh orang-orang yang berdusta lagi menyimpang-kan semua hal-hal yang ada dalam kitab Al Qur’an kita.

Banyak sekali hal-hal yang dilakukan oleh para orang-orang yang tidak ingin percaya dan tidak mau  menyakini bahwa Al Qur’an itu merupakan firman Allah SWT Robb semesta Alam langsung, yang dimana semuanya dimulai dari Allah SWT berfirman lalu, disampaikan Allah kepada Malaikat jibril, kemudian oleh malaikat Jibril diturunkan kepada Nabi kita Nabi Muhammad SAW.

|

Nasehat Untuk RasulNya.

Selanjutnya tentang nasehat untuk RasulNya, intinya masih sama nasehat ini sejatinya menujuk kepada diri kita sendiri, ya benar sudahkah kita mempercayai nabi kita Muhammad SAW ? dan tidak mendustakan semua hal-hal yang pernah diajarkanya yang pada dahulu pernah dilakukan oleh para orang-orang yang munafik.

Dan tidak hanya sebatas itu saja, sudahkah juga kita mencintai beliau sepenuh hati, mengikuti semua ajaran beliau secara lahir dan batin, membela semua hal tentang beliau mulai dari semua kisah hidupnya, keluarganya, perjalananya dan semua hal-hal yang dilakukannya ketika beliau hidup dan samapai beliau wafat, serta selalu mendahulukan sabda dan ajaran beliau dari pada ucapan dan ajaran siapapun.

Nah untuk penjelasan selanjutnya kita akan bahas di Penjelasan Perkataan Nabi Muhammad SAW  “Agama Adalah Nasehat” Part 2 demikiannlah pemabahasa kali ini, Wallahu A’lam semoga kita dapat mengambil hikmah dari tulisan kali ini.

|

Lihat Juga Tulisan lain nya :

|

|

|

Penjelasan Perkataan Nabi Muhammad SAW “Agama Adalah Nasehat” Part 1 | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: