Meningkatkan Ketaqwaan

Meningkatkan Ketaqwaan – Sebagai manusia, makhluk yang telah Allah SWT ciptakan, kita telah memiliki tujuan dan tugas yang muliah, yaitu untuk selalu senatiasa beribadah dan tunduk kepada Allah SWT, dan oleh karnanya, dalam kehidupan yang kita jalani nanti kita pasti dan akan selalu di “UJI” olehNya.

Mengapa demikian ? pastinya hal itu yang akan menjadikan pembeda diri dan pembeda tingkat ketaqwaan kita sebagai hamba dimata Allah SWT. dan tidak hanya itu juga dengan Ujian yang Allah siapkan untuk kita akan menjadi gerbang nasib penentu tujuan kita kelak di akhirat.

Dan untuk lolos dalam Ujian yang Allah nanti berikan kepada kita diperlukan “BEKAL” Khusus yang telah ada dalam diri kita hanya saja tinggal diri kita sendirilah yang menumbuhkan dan mengembangkannya menjadi lebih baik dan lebih bermutu di mata Allah SWT. Apakah dua Bekal itu ? tidak lain dan tidak bukan iyalah “Iman” dan “Taqwa”.

Berbicara tentang Taqwa, pada tulisan kali ini kami DosenIslam.com akan menyajikan tulisan SIMPEL mengenai ” Meningkatkan Ketaqwaan Melalui Puasa “, penasaran yuk langsung aja dibaca sampai habis ya, dan jangan lupa SHARE tulisan ini

Sebelum lanjut baca juga : ” 3 Sebab Yang Menjadi Penyebab Penyakit hati dalam Islam ?

Meningkatkan Ketaqwaan

Meningkatkan Ketaqwaan Menggapai Tingkat Ketaqwaan Melalui Puasa

Allah SWT berfirman “Hai orang-orang yang beriman ! Bertaqwalah kepada Allah SWT sebenar-benar taqwa kepada-Nya & janganlah kamu mati melainkan dalamkeadaan muslim”(Q.S Ali Imran : 102).

Dari ayat tersebut sudah jelas bahwa Allah menyuruh hambanya untuk bertakwa hanyakepada Allah swt dengan sebenar-benarnya.

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan ataskamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (Q.S Al Baqarah : 183).

Dari ayat tersebut dapat disimpulkan bahwa semua hamba Allah diharapkan lebih sempurna menjalankan kewajiban puasa, dibandingkan apa yang telah dikerjakan oleh umat-umat terdahulu. Pada ayat tersebut juga dijelaskan tujuan pelaksanaan puasa yaitu untuk mencapai ketakwaan. Kata takwa berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah yang berarti memelihara. Orang yang bertakwa artinya orang yang mau menjaga dan memelihara dirinya dari api neraka dengan selalu menjalankan perintah Rabb nya dan menjauhi larangannya. Sebagaimana firman Allah “Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, keras, dan tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan.” (At Tahrim :6).

Dengan takwa umat muslim akan terlindungi daripern\buatan tercela, karena hatinya dipenuhi rasa takut kepada Allah swt. Sehingga selalu terjaga dari perbuatan dosa. Pada malam hari diisi dengan kegiatan beribadah, rela merasakan haus, merasa dekat dengan ajal sehingga mendorongnya umtuk memperbanyak amal kebaikan.

Baca Juga : “ 7 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

Nama Malaikat Pencabut Nyawa

Meningkatkan Ketaqwaan Menggapai Tingkat Ketaqwaan

Takwa tidak hanya cukup dengan sholat dan berpuasa saja, karena banyak orang yang sholat dan berpuasa tetapi perilakunya tidak mencerminkan pribadi sebagai orang yang bertakwa.  Hal ini karena sholat dan berpuasa tidak lantas membuat kita menjadi orang bertakwa jika dalam ibadah tersebut hanya sebuah ritual, tidak dilandasi dengan rasa cinta kita kepada Allah swt. Karena jika kita sudah cinta kepada Allah pasti akan endorong kita untuk berbuat kebaikan selalu.

Apabila seseorang telah mampu mencapai dan mengistiqomahkan ketakwaan, maka berbagai keistimewahan akan Allah berikan kepadanya. Baik di dunia maupun diakhirat. Didunia antara lain, Allah memberikan solusi terhadap masalah yang dihadapinya serta diluaskan rezekinya. Sebagaimana firman Allah (ath thalaq:2-3), dimudahkan urusan hidupnya (ath thalaq : 4), dicurahkan berbagai keberkahan dari langit (Al A’raf : 96), disayangi Allah, malaikat dan seluruh alam (ali imran : 120). Adapun diakhirat diantaranya takwa menjadi syarat terkabulnya amal kebaikan (al maidah : 27), dan tentunya menjadi syarat pewaris surga (maryam : 63).

-(^-^)-

Demikianlah tulisan kami kali ini tentang “Meningkatkan Ketaqwaan Menggapai Tingkat Ketaqwaan Melalui Puasa” semoga melalui tulisan yang sederhana ini, kita semua selalu diberikan Allah SWT  kepahaman dan kemudahan untuk selalu meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita, dan semoga Allah selalu mejaga kita selalu dalam jalan terbaikNya. Amin.

Baca juga :
->>. “Manfaat Berpuasa Senin kamis, Daud dan Ramadhan
dan
->. Hikmah Orang Sakit Dan Kesempatan Untuk Yang Sehat

Meningkatkan Ketaqwaan | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: