“MENGENAL” Rukun Iman yang ke 6 “Iman Kepada Qodo dan Qodar”

|

“MENGENAL” Rukun Iman yang ke 6 “Iman Kepada Qodo dan Qodar”

DosenIslam.com || Bismillahhirohmannirohim Semua pujian hanya untuk Allah SWT, Tuhan semesta alam ini. Dan selalu Shalawat serta salam kita hanya haturkan kepada Nabi Allah Nabi Muhammad SAW, beserta untuk keluarga, sahabat serta orang-orang yang selalu mengikuti mereka dalam jalan terbaiknya hingga akhir zaman.

Sudah pasti sebagai umat Islam kita diwajibkan untuk selalu mengimani semua rukun-rukun yang ada, mulai itu dari Rukun Islam Sampai pada Rukun Iman, kali ini kita akan mengajak pembaca sekalian untuk membahas Rukun Iman yang ke 6 yaitu Iman Kepada Qodo dan Qodar. pastinya para pembaca sekalian tidak asing akan hal ini, namun izinkan kami untuk mencoba sekedar mengiatkan lagi apa itu Rukun Iman yang ke 6.

Tahukah kita ? apa itu Qodo dan apa itu Qodar ?

Apakah itu Qodo ?

Oodo artinya adalah ketentuan atau ketetapan yang sudah dirancang dan direncanakan Allah SWT sejak zaman ini ada. Mulai dari tentang nasib seseorang, baik atau buruk, senang atau sedih, sehat atau sakit dan sampai teraturnya gerak sang Surya (Matahari) yang selalu bergerak terbit dari timur hingga selalu tenggelamnya disebelah barat (Kecuali di Hari Kiamat nanti hehehe).

Semua penjelasan diatas merupakan ketentuan yang sudah ditetapkan serta tidak akan mungkin berubah sedikit pun karena semua itu telah Allah SWT tetapkan dai zaman Awal dunia ini hingga akhir zaman nanti.

Apakah itu Qodar ?

Qodar adalah ketentuan atau ketetapan dari Allah SWT yang berlaku dan telah terjadi di dunia ini untuk menjadi dasar-dasar di dalam alam semesta ini.

Dalam pengertian Qodar, Qodar sering disebut dengan Takdir, Iman kepada takdir berarti ia mempercayai atau mengimani secara sungguh-sungguh tentang segala ketentuan dan ketetapan dari Allah SWT yang berlaku pada setiap makhluk ciptaaNya.

Qodo dan Qodar

Pada intinya apapun yang telah Allah SWT berlakukan ketetapannya kita kita Makhluk ciptaanNya semuanya terdapat hubungan sebab akibat, ada aksi dan akan ada reaksi.
Semua peraturan ataupun ketetapan yang telah menjadi undang-undang atau Sunnatullah yang abadi serta berlaku untuk segala sesuatu, apapun itu mulai dari bintang-bintang, planet yang ada diangkasa, apapun yang ada didalam dunia, tumbuhan, hewan, jin, manusia hingga makhluk-makhluk yang lainnya yang tak dapat dijelaskan secara rinci, dimana pun itu semuanya terkait.

Dan sebagai pengiat kita Hamba-hambanya yang beriman, Allah SWT berfirman dalam Surat At Taubah : 51 yang artinya
“Katakanlah, sekali-kali tidak akan menimpa kami, melainkan apa yang telah ditetapkan oleh ALLAH bagi kami Dialah pelindung kami dan hanya kepada Allah orang yang beriman harus bertawakal.”

Nah untuk kali ini saya rasa cukup sekian pembahasan singkat mengenai Rukun Iman yang ke 6 yaitu Iman Kepada Qodo dan Qodar. Wallahu A’lam Semoga saja Allah SWT akan selalu menambahkan ilmu serta pemahaman tentang Dunia Islam semakin baik lagi, serta bila ada hal-hal salah atau harus diperbaiki mohon tidak sungkan di ingatkan, semoga Allah SWT selalu menjaga kita dalam jalan TerbaikNya AMIN.

Lihat Juga :

Pengunjung Juga Mencari:

  • cerita qada dan qadar dalam kehidupan sehari hari
  • contoh cerita qada dan qadar dalam kehidupan sehari hari
  • contoh cerita qada dan qadar
  • sebutkan contoh qada dan qadar dalam kehidupan sehari hari
“MENGENAL” Rukun Iman yang ke 6 “Iman Kepada Qodo dan Qodar” | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: