Mengenal Apa Itu Malaikat Dalam *Sudut ISLAM*

|

Mengenal Apa Itu Malaikat Dalam *Sudut ISLAM*

DosenIslam.com || Bismillahhirohmannirohim Alhamdulilah segala puji hanya kepada Allah SWT yang masih memberikan kebaikan pada hari ini, sholawat dan salam selalu hanya untuk nabi Allah Muhammad SAW.

Kita semua sebagai hamba-hamba Allah SWT beriman tentu pasti tahu dan wajib kita ketahui bahwa dalam 1 dari 6 Rukun Iman, ada salah satunya yang berbunyi Iman kepada Malaikat. Ada kah kita mengetahui apa itu Malaikat ? atau seperti apa Malaikat itu ?

Maka dari itu dalam tulisan kali ini saya mencoba mengajak pembaca sekalian untuk mencoba mengenal Apa itu Malaikat dalam Sudut Islam .

Apa itu Malaikat ?

Malaikat adalah salah satu makhluk Allah SWT yang jenisnya Gaib (Tidak dapat Di Indra-kan) yang diciptakan oleh Allah SWT dari Cahaya. Wujud Malaikat memang tidak bisa kita oleh pikiran, dan akal-akal manusia, karenanya Allah menjelasakan salah satu ciri wujud Malaikat yang diabadikan dalam tintan Emas Al–Qur’an
dalam Surat Fatir ayat 1. Yang artinya

“Segala puji bagi Allah Pencipta langit dan Bumi, yang menjadikan malaikat sebagai utusan-utusan yang mempunyai sayap, masing-masing dua, tiga, dan empat. Allah menambahkan pada ciptaan-Nya apa yang Dia kehendaki. Sungguh, Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.”

Nah maka dari itu walaupun kita tidak pernah tahu seperti apa wujud malaikat itu, dengan penjelasan singkat dari Allah SWT kita mengetahui seperti apa bentuk kecil malaikat.

Sifat-sifat Malaikat

Sudah menjadi kewajiban kita untuk mengImani bahwa 1 dari 6 Rukun Iman berbunyi Iman kepada Malaikat, terlepas kita tahu atau tidak seperti apa itu rupanya.

Untuk membasahi dahaga kita tetang apa itu Malaikat. Izin kan saya mencoba memberikan beberapa sifat  Malaikat.

Malaikat selalu taat

Malaikat adalah makhluk ciptaan Allah SWT yang memang diciptakaan oleh Allah SWT untuk selalu taat dan patuh terhadap perintah-perintah Allah SWT, maka dari itu kita tidak pernah mendengar sejarah atau cerita kalau malaikat itu membantah perintah Allah SWT.

Malaikat tidak durhaka lagi Sombong

Ya betul sekali Malaikat bukanlah makhluk Durhaka lagi Sombong, malaikat makhluk yang berbeda dari ciptaan Allah SWT lainnya, meskipun mereka dibuat dari cahaya ketika Allah SWT memerintahkan Malaikat untuk tunduk kepada nabi Adam AS malaikat tetap tuduk, dan sangat berbeda dengan Iblis yang durhaka dan lagi Sombong.

Malaikat tidak mememiliki Nafsu

Salah satu keistimewaan malaikat iyalah mereka tidak memiliki nafsu seperti halnya manusia (Kita) karenanya malaikat tidak pernah membingungkan tetang banyak hal yang mesti mereka buat atau lakukan.

Malaikat Makhluk yang Selalu Bertobat

Walaupun kita ketahui Malaikat tidak memiliki Nafsu, selalu patuh kepada Allah SWT, Malaikat tetap akan selalu mendoakan dan memohon ampunan kepada Allah SWT, karena kita juga mengetahui bahwa kita tidak pernah tahu doa apa yang pernah kita buat sengaja maupun tidak sengaja.

Dari ciri dan sifat-sifat Malaikat yang saya coba paparkan dalam Apa itu Malaikat dalam Sudut Islam , pada intinya apapun alasan kita apapun pandangan kita terhadap Malaikat, kita sebagai hamba Allah SWT yang mengaku beriman wajib untuk percaya dan mengImani  ke 6 rukun Iman yang kita ketahui. Wallahu A’lam semoga Allah selalu menjaga kita dalam jalan terbaikNya.

Lihat juga artikel inspiratif lainnya :

Mengenal Apa Itu Malaikat Dalam *Sudut ISLAM* | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: