Manfaat Berpuasa Senin kamis

Manfaat Berpuasa Senin kamis – Sebagai orang mukmin, kita harus percaya bahwa semua yang diperintahkan oleh Allah SWT kepada kita (manusia) pastilah mengandung hikmah dan manfaat didalamnya, tidak akan mungkin Allah SWT membuat kita untuk jatuh kedalam jurang kegelapan. Diantara perintah yang telah oleh berikan kepada kita iyalah “PUASA“, puasa merupakan sebuah perintah yang memiliki dua nilai, nilai yang pertama Sunnah, dan nilai yang kedua iyalah Wajib.

Seperti yang telah kita ketahui berasama puasa yang bernilai WAJIB iyalah puasa di Bulan Rahmadhan, lalu untuk puas yang bernilai sunnah iyalah puasa dihari Senin – Kamis, puasa Daud, lalu puasa Tengah Bulan (Ayyamul Bidh) dan puasa-puasa lainnya kecuali Puasa di Bulan Rahmadhan.

Berbicara Puasa tahukah kita bahwa terdapat banyak sekali Hikmah dan Manfaat yang terkandung didalamnya, nah pada tulisan kali ini izinkan kami dosenislam.com mencoba memberikan sedikit penjelasan mengenai “Manfaat Berpuasa Senin kamis, Daud dan Ramadhan”.

Manfaat Berpuasa Senin kamis, Daud dan Ramadhan

Manfaat Berpuasa Senin kamis

Hikmah dan manfaat puasa secara spiritual

Hikmah puasa secara spiritual adalah puasa menjadi salah satu sarana untuk mendekatkan diri kepada rabbul alamin, dengan berpuasa seseorang meninggalkan berbagai kesenangan dunia, seperti makan, minum, bergunjing dan semua hal yang bisa membatalkan puasa. Dengan kata lain lebih mementingkan rabbnya (Allah SWT) dari pada kesenangan dirinya sendiri.

Sebagimana Allah SWT berfirman dalam QS. Al Baqarah: 183 yang artinya

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Apabila seseorang mampu mencapai derajat takwa maka dengan mudah dia akan mudah menjalankan semua perintah Allah dan meninggalkan semua larangan Allah swt. Itulah sebabnya mengapa pada awal ayat perintah puasa ini dimulai dengan kalimat “Hai orang-orang yang beriman” hal ini menujukkan bahwa hanya orang yang memiliki keimanan yang benar yang akan mampu menjalankan perintah puasa Ramadhan dengan benar dan enuh dengan ketakwaan.

Sebelum lanju baca juga : ” 8 Hal Sunnah Idul Adha (Tahukah Anda ?)

Agar Puasa Tidak Sia-Sia

Hikmah dan manfaat puasa dari segi Kesehatan

Dari segi kesehatan, sebagaimana telah diungkapkan oleh para ahli, puasa memiliki banyak hikmah dan manfaat untuk tubuh, dan ketenangan jiwa saat berpuasa organ-organ tubuh dapat beristirahat dan miliaran sel dalam tubuh bisa menghimpun diri untuk bertahan hidup.

Selain dari pada itu, puasa juga berfungsi sebagai detoksifikasi dalam tubuh yang membantu untuk mengeluarkan kotoran, racun dan zat-zat negatif yang terdapat dalam tubuh, lalu setelah sebagi detoksifikasi, puasa juga sebagai sarana untuk meremajakan sel dalam tubuh yang rusak dengan diganti sel baru, dan juga memperbaiki fungsi hormon, menjadikan kulit sehat dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Puasa juga membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, karena saat berpuasa sistem pencrnaan dalam tubuh juga ikut beristirahat, lalu akan ada banyak energi yang disimpan untuk melakukan proses menyembuhkan diri dan memperbaiki sel-sel tubuh, dan dengan Energi ini juga yang akan digunakan untuk membersihkan dan detoksifikasi usus serta meninggatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebelum itu baca juga : “ [PENTING] ‘ 2 ’ Hal Agar Kamu Mau “Belajar Hafalan Alquran”

Amalan utama dibulan ramadhan

Hikmah dan manfaat puasa secara sosial

Adapun hikmah dan manfaat puasa secara sosial ekonomi tentu sangat banyak, seperti puasa dapat mendorong seseorang untuk saling membantu kepada sesama. Karena kertika seseorang berpuasa, ia akan merasakan bagaimana laparnya orang-orang yang tidak mampu makan dengan layak, sehingga terdorong unruk berbagi dengan sesama.

Seperti yang dicontohkan oleh Rasulullah selama bulan Ramadhan. Diriwayatkan oleh ibnu abbas ia berkata “ Rasululah adalah orang yang paling dermawan. Beliau lebih dermawan lagi di bulan Ramadhan saat beliau bertemu jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an dan kedermawanan Rasululah melebihi angin yang berhembus.” (HR Bukhari).

Secara ekonomi manfaat puasa sangat jelas. Perdagangan melonjak tinggi apalagi menjelang hari raya, namun sangat disayangkan karena manfaat puasa secara ekonomi ini belum dapat dimaksimalkan oleh orang muslim karena mayoritas perdagangan yang ada masih banyak dikuasai oleh non muslim. Demikianlah berbagai “Manfaat Berpuasa Senin kamis, Daud dan Ramadhan“, semoga melalui tulisan kali ini, kami berharap saya, anda, dan kita semua akan selalu menjalankan ibadah puasa dan ibadah yang lainnya secara keikhlasan dan bersemangat dalam mencari pahala terbaikNya.

Lihat Juga :
->. Amalan sunnah di bulan ramadhan
dan
->. Teruslah ” Doa Kepada Allah SWT ” Pasti Di Kabulkan

Manfaat Berpuasa Senin kamis | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: