Kisah Singkat Nabi Ayub AS (Tauladan Dalam Besabar)

Kisah Singkat Nabi Ayub AS (Tauladan Dalam Besabar)

 

DosenIslam.com || Nabi Ayub as. adalah anak dari Isa bin Ishaq bin Ibrahim as. sedangkan ibunya adalah putri nabi Luth as. nabi Ayub adalah nabi yang sangat pandai, sopan santun, serta bijaksana. Istrinya bernama Rahmah. Nabi Ayub dikaruniahi rezeki yang tak terbatas oleh Allah, kekayaannya melimpah, ia juga memiliki berbagai macam binatang ternak seperti unta, domba, kuda, serta keledai. Nabi Ayub juga orang kaya yang sangat dermawan, gemar berbuat baik kepada para fakir miskin dan anak yatim.

 

Kesabaran Kepada Kehendak Allah SWT

 

Nabi Ayub juga tidak pernah lupa bersyukur atas nikmat yang diperolehnya dan juga nabi Ayub selalu berdzikir kepada Allah swt. Karena itulah iblis merasa dengki kepada nabi Ayub, iblis menggoda beliau agar hatinya goyah dan berpaling dari Allah swt, tetapi nabi Ayub tidak tergoda oleh iblis, bahkan nabi Ayub semakin teguh keimanannya. Nabi Ayub mendapat cobaan yang cukup berat dari Allah swt. Cobaan hidupnya datang silih berganti. Mulai dari harta bendanya habis terbakar, semua binatang ternaknya mati, anak-anaknya meninggal dunia, begitu juga dengan semua saudaranya meninggalkan dan menjauhi nabi Ayub, hanya istrinya yang masih menemani.

 

Suatu ketika nabi Ayub sedang sholat, ketika beliau sedang sujud , hidung dan mulutnya ditiupkan kuman oleh iblis sehingga kulitnya menggelembung dan akhirnya nabi Ayub terkena penyakit kulit yang sangat menjijikkan. Bahkan dari kulit sekujur tubuhnya mengalir darah bercampur nanah. Penyakit kulit ini diderita oleh nabiAyub selama tujuh tahun lamanya.

Sehingga istrinya yang tadinya setia dan sabar menemani serta merawat nabi Ayub terkena bujukan setan agar meninggalkan nabi Ayub yang sedang sakit. Suatu hari istrinya berkata bahwa dia sudah tidak sanggup lagi merawat nabi Ayub. Nabi Ayub pun marah karena sikap istrinya yang kurang tawakal dalam menghadapi cobaan dari Allah swt, dan nabi Ayub berjanji kepada istrinya “jika kelak aku telah sembuh dari penyakitku dan kekuatan badanku telah pulih kembali, aku akan mencambukmu seratus kali ”.

setelah ditinggal oleh istrinya, nabi Ayub tinggal sendiri di rumahnya, meskipun keadaanya demikian, nabi Ayub tetap sabar dan tabah serta semakin kuat imannya, dan selalu berdzikir untuk mendekatkan diri kepada Allah swt. Dan nabi Ayub pun berdo’a kepada Allah “ Ya Allah tuhanku, aku telah diganggu oleh setan dengan kepayahan dan kesusahan serta siksaan dan engkaulah Allah yang maha pengasih dan penyayang”.

Allah menerima do’a nabi Ayub dan mewahyukan firman kepadanya “Hentakkanlah kakimu ke tanah” setelah nabi Ayub menghentakkan kakinya memancarlah air sebagai obat untuk penyakitnya, atas izin Allah maka sembuhlah penyakit nabi Ayub. Selain itu semua harta bendanya yang telah hilang dan berangsur-angsur kembali.

 

Sumpah Tetap Terlaksana

 

Isrinya pun kembali datang kepada nabi Ayub, betapa kagetnya Rahmah melihat keadaan suaminya, nabi Ayub tampak segar bugar seperti tidak sakit.

Nabi Ayub telah bersumpah akan mencambuk istrinya sebanyak seratus kali dan beliau harus melaksanakan sumpahnya, tetapi nabi Ayub merasa kasihan kepada istrinya karena sebelum meninggalkannya, Rahma adalah seorang istri yang salihah dan apa yang dilakukan Rahma karena bujukan setan. Saat nabi Ayub dalam kebingungan Allah berfirman “Hai Ayub, ambillah dengan tanganmu seikat rumput dan cambuklah istrimu dengan rumput itu, sehingga terlaksanalah sumpahmu”.

Apa yang diwahyukan oleh Allah dilaksanakan oleh nabi Ayub. Dengan demikian nabi Ayub tidak melanggar janji yang sudah diucapkannya, dan akhirnya nabi Ayub hidup bahagia seperti semula dan tetap melanjutkan tugasnya menyebarkan agama Islam kepada umat anusia agar beriman kepada Allah swt.

 

Wallahu A’lam Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai Sirah ” Kisah Singkat Nabi Ayub AS ” semoga kita dapat memetik hikmah terbaiknya.

Lihat Juga :

 

 

 

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • kisah teladan nabi ayub singkat
  • cerita singkat nabi ayyub
  • biografi nabi ayub singkat
  • cerita nabi ayyub singkat
  • cerita pendek kisah teladan nabi ayub
  • cerita singkat nabi ayub a s
  • kisah nabi ayyub singkat
  • ringkasan kisah teladan nabi ay
Kisah Singkat Nabi Ayub AS (Tauladan Dalam Besabar) | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: