Kisah Sahabat Nabi UMAR BIN KHATTAB dan Si Pengembala Kambing

.

Kisah Sahabat Nabi UMAR BIN KHATTAB dan Si Pengembala Kambing

 

DosenIslam.com  || Pada tulisan kali ini kami akan mencoba mengajak para pembaca sekalian untuk menyimak sebuah Kisah hikmah dari salah satu sahabat Rasulullah SAW yang dijamin masuk surga. siapakah beliau, beliau adalah Umar Bin Khattab, dan ini lah sebuah Kisahnya tentang

” UMAR BIN KHATTAB dan Si Pengembala Kambing

Khalifah Umar Bin Khattab.

 

Umar bin Khattab adalah khalifah kedua setelah Rasulullah tiada, beliau adalah khalifah yang amat menyayangi rakyatnya, beliau pernah memanggul sendiri karung gandum untuk seorang ibu yang anaknya kelaparan pada saat tengah malam. Khalifah Umar bin Khattab juga sosok khalifah yang sangat disegani oleh rakyatnya, Umar terkenal sangat teguh dalam menjaga amanah dan tidak mau menyimpang dari perintah Allah dan ajaran Rasulullah saw.
Telah diriwayatkan oleh Abdullah bin Dinar bahwa suatu ketika dia berjalan bersama Khalifah Umar bin Khattab sedang menuju Mekkah dari Madinah, di tengah perjalanan, Khalifah Umar melihat seorang anak kecil sedang mengembalakan kambing. Umar pun kemudian mendekati anak tersebut karena ingin mengetahui apakah anak tersebut amanah atau tidak.

 

Test Dari Khalifah dan Amanahnya Sang Pengembala.

 

Setelah mendekati anak tersebut Khalifah Umar pun menyapa anak tersebut
“Nak alangkah banyaknya kambing yang engkau pelihara, begitu sehat kelihatannya dan gemuk-gemuk serta bagus-bagus kambingmu, Juallah satu ekor saja padaku.”

Anak itu pun menjawab : “Aku hanyalah seorang budak yang mengembalakan kambing-kambing ini, bukan pemilik kambing ini tuan”

Khalifah Umar pun berkata lagi “Katakan saja kepada tuanmu, bahwa salah satu kambingnya telah dimakan oleh serigala”

Lalu anak gembala tersebut terdiam seketika kemudian berkata “Faainallaah (dimana Allah)? Allah kan bisa melihat, walaupun tuan saya tidak melihat tetapi Allah melihat segala sesuatu yang saya kerjakan tuan, Apakah tuan mau menjeruskan saya ke dalam neraka karena telah menyuruh saya untuk berbohong dengan mengatakan bahwa kambingnya ada yang dimakan oleh serigala?”

Mendengar ucapan anak tersebut terharulah Khalifah Umar, air matanya pun menetes lalu dipeluknya anak gembala tersebut, kata Faainallah begitu singkat, tetapi maknanya sangat dalam. Setelah ituKhalifah Umar mengajak anak gembala tersebut menemui tuannya , setelah bertemu dengan tuan anak kecil tersebut, Khalifah Umar pun menawar harga kambing tersebut untuk membelinya lalu memberikan kepada anak tersebut sebagai hadiah karena anak tersebut telah jujur dan amanah dalam menjaga kambing tuannya. Dan sekaligus memerdekakan anak tersebut dengan membeli semua kambing dari tuan anak tersebut.

Demikianlah sebuah cerita Hikmah dari sekian banyak dari perjalanan hidup sahabat Nabi Umar Bin Khattab RA, semoga kita dapat mengambil hikmah, dan dapat mengamalkannya. Wallahu A’lam

 

Lihat Juga :

 

 

 

Pengunjung Juga Mencari:

  • cara meneladani sifat umar
  • cara meneladani sifat umar bin katab
  • cara meneladani sifat umar com
Kisah Sahabat Nabi UMAR BIN KHATTAB dan Si Pengembala Kambing | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: