Hikmah Sadaqah,Tahukah kita ?

.

Hikmah Sadaqah,Tahukah kita ?

.

DosenIslam.com || Boleh bertanya dalam minggu-minggu ini sudah berapa kali kah anda berSadaqah ? dan sudah berapa banyakkah yang anda Sadaqahkan ? saya berharap bahwa anda telah melakukan yang terbaik dari yang terbaik Sadaqah dengan apa yang anda miliki saat ini.

.

Sadaqah Adalah Ibadah.

Sebab Sadaqah merupakan salah satu bentuk ibadah, ibadah yang sangat diajurkan oleh Rasulullah SAW, hukumnya Sunnah muakkad bahkan akan menjadi “WAJIB” bila kita atau umat ini dalam keadaan yang sangat keritis seperti sedang berperang atau dalam keadaan yang sekarat yang jika tidak ditolong maka keselamatan-pun akan menjadi terancam.

Intinya Sadaqah itu bukanlah sebuah perkara yang di mana kita hanya sekedar memberikan barang atau uang yang kita miliki kepada seseorang yang membutuhkan, tetapi merupakan suatu perkara keikhlasan kita dalam melakukan printah Allah SWT untuk saling membantu sesama, ikhlas Karena Allah semata dan tidak mengharapkan imbalan ataupun ucapan terima kasih dari orang yang kita berikan Sodaqoh.

.

Amalan Yang Tak Akan Terputus.

Sadaqah juga merupakan suatu amalan yang tidak akan pernah terputus dan malah akan terus dan terus mengalir walaupun kita telah meninggalkan dunia ini, seperti pada hadist nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh muslim, yang artinya seperti berikut ini.

“Bila anak Adam meninggal dunia maka seluruh pahala amalannya terputus, keculai pahala tiga amalan : Sadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang senantiasa mendoakan kebaikan untuknya.” (HR. Muslim)

Masya Allah sangat beruntungnya orang-orang yang selalu bisa melakukan amalan sadaqah, dan akan jadi sangat-sangat beruntung bila menjadi Sadaqah jariyah, dan mungkin bisa saja semua dosa-dosannya diampuni oleh Allah SWT melalui Sadaqah tersebut. Amin.

Sadaqah itu tidak hanya sekedar uang saja tapi sadaqah itu juga berupa segala sesuatu hal atau perbuatan yang dapat membuat saudara kita senang dan bahagia, conoth kecilnya seperti apabila kita menghibur kepada saudara kita yang sedang dalam perasaan masalah gundah gulana, insya Allah dengan niat yang tulus dan ikhlas maka hati saudara kita tersebut akan merasa berkurang dan akan merasa senang, Insya Allah.

Dan tak lupa juga Nabi Muhammad SAW bersabda yang artinya seperti berikut :

“sesungguhnya sadaqah itu dapat menmadamkan murka Allah dan menghindarkan diri dari mati Su’ul Khatimah” (HR Termizi)

Demikinlah. pembahasan kita kali ini tentang Hikmah Sadaqah,Tahukah kita ? Wallahu A’lam, semoga dengan pembahasan kali ini, Allah SWT akan mudahkan hati kita untuk selalu bisa BerSadaqah yang terbaik dijalan Allah. Amin Y Allah.

.

Lihat Juga ya :

 

.

.

.

Hikmah Sadaqah,Tahukah kita ? | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: