Do You Know ? Jual Beli Menurut Islam Itu Apa Sih ?

|

Do You Know ? Jual Beli Menurut Islam Itu Apa Sih ?

DosenIslam.com || Bismillahhirohmannirohim Segala puji hanya bagi Allah SWT, Rabb semesta alam ini. Dan Shalawat serta salam kepada Nabi kita Nabi Allah Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga, para sahabat dan serta orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik dan benar hingga akhir zaman.

Do You Know ? Jual Beli Menurut Islam Itu Apa Sih ? Menurut bahasa Arab jual beli diambil dari kata Al Ba’i yang artinya jual dan Asy Syira’a yang berarti beli serta dari kata At-tijarah yang artinya perdagangan.

Kalo tadi menurut bahasa Arab maka kali ini menurutu Istilah sederhana yaitu penukaran harta atas dasar saling . rela atau saling suka sama suka yang dilakukan antara dua pihak dengan kesepakatan (Akad) yang sah. sebagaimana dijelaskan pada Al Qur’an surat Az Zumar (39):39, Attaubah (9):103 dan Hud (11):93.

Jual beli menurut para Ulama hukumnya adalah mubah tetapi diperbolehkan asal tidak melenceng penggunaannya dan tidak didasari dasar yang salah atau digunakan untuk kepentingan yang tidak diperbolehkan oleh agama, dengan kata lain harus berdasarkan Al Qur’an, AsSunnah, Ijtima’ dan Qiyas seperti sebagaimana yang telah dijelaskan oleh Allah SWT, dalam Al Qur’an surat Al-Baqoroh (2) : 275, Annisa (4) : 29 dan diperjelas oleh Hadists nabi Muhammda SAW.

Tiga Rukun Dalam Jual Beli.

Didalam jual beli harus ada minimal tiga rukun yang harus dipenuhi yaitu :

  1. Sehat

    Sehat, ya.. apapun yang akan kita kerjakan didunia ini, kita harus dituntut untuk selalu sehat, nah begitu pula dengan proses jual beli, si penjual maupun si pembeli harus dalam keadaan sehat akalnya dan tidak dalam gangguan atau paksaan dari pihak manapun.

  2. Ijab Kabul

    Dalam rukun jual beli juga musti harus ada Ijab Kabul nya. Ijab adalah perkataan si penjual untuk menjual barang kepada sipembeli. Sedangkan kabul adalah perkataan si Pembeli untuk membeli atau membalas perkataan si penjual.

  3. Objek Jual Beli Harus Sesuai

    Maksudnya adalah Objek harus sesuai dengan syarat benda layak jual beli, apa saja syarat itu ?
    -. Suci dan bersih kecuali Anjing untuk berburu.
    -. Barang yang diperjual belikan dapat memberikan Manfaat.
    -. Barangnya tidak sedang ditawar atau dipesan oleh pihak atau orang lain.
    -. Barang yang diperjual belikan bukan dari hasil curian atau hal-hal yang merugikan orang lain.
    -. Tidak ada batasan waktu jual belinya.
    -. Barang yang dijual adalah milik sendiri atau barang yang telah diberikan hak kuasanya untuk menjual kepada kita dan dapat diserah terimakan.

Nah itu dia pembahasan singkat tentang mengenai Jual Beli Menurut Islam Wallahu A’lam Semoga saja Allah SWT akan menambahkan ilmu dan pemahaman kita tentang Dunia Islam semakin baik lagi, serta bila ada yang salah atau harus diperbaiki mohon tidak sungkan di betulkan, semoga Allah SWT selalu menjaga kita dalam jalan TerbaikNya AMIN.

Lihat juga :

Do You Know ? Jual Beli Menurut Islam Itu Apa Sih ? | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: