Amalan utama dibulan ramadhan

Amalan utama dibulan ramadhan – Berikut ini ada beberapa jenis amalan – amalan yang perlu kita ketahuisupaya bisa kita laksanakan pada bulan ramadhan nantinya, karena bulan ramadhan tinggal beberapa hari lagi. Apa sajakah amalannya? Berikut ini adalah amalan – amalan yang harusnya kita laksanakan saat ramadhan datang, supaya kita mempersiapkan diri kita nanti untuk bisa melaksanakan ibadah tersebut dengan tenang :

Amalan utama dibulan ramadhan

Amalan utama dibulan ramadhan

11 Amalan -Amalan utama dibulan ramadhan

  1. Berpuasa

Bulan ramadhan adalah bulan yang dimana kita sebagai seluruh umat islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa nantinya, karena hanya setahun sekali kita berjumpa dengan bulan ramadhan, yang mana kita sebagai umat muslim diwajibkan untuk berpuasa pada bulan ramadhan selama satu bulan penuh kecuali bagi yang sedang sakit.

  1. Sholat tarawih berjamaah

Sholat tarawih kita laksanakan dimasjid setelah sholat isya berjamaah, nah sholat tarawih ini paling sedikit 11 rakaat, dan yang paling banyak jumlah rakaatnya yaitu 23 rakaat, sholat ini dilaksanakan dimasjid secara berjamaah. Sungguh rugi bagi orang yang tidak mau mengerjakan sholat tarawih ini, karena kita hanya menjumpai sholat tarawih hanya satu tahun sekali saja, itu pun jika kita masih hidup, maka bersyukurah bagi kita yang masih bisa berjumpa dengan bulan ramadhan. Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan keberkahan karena ada begitu banyak kebaikan didalamnya yang harusnya biisa kita manfaatkan bulan ramadhan tersebut dengan memperbanyak ibadah.

Baca juga : Kisah Di Balkik Uang Rp 15 juta Masya Allah

  1. Perbanyak sedekah

Sedekah sebenarnya tidak hanya dilaksanakan pada bulan ramadhan saja tetapi juga pada bulan lainnya juga kita bisa bersedekah dengan banyak kepada para fakir miskin ang butuh bantuan dari kita maka dari itu kita sebaiknya memperbanyak sedekah kita pada bulan ramadhan ini karena pahalanya Allah lipat gandakan hal inilah yang membedakan sedekah pada bulan ramadhan dan juga bulan yang lainnya.

  1. Mengaji al quran

Bulan ramadhan perbanyaklah mengaji karena satu huruf ada banyak kebaikan didalamnya yang Allah berikan kepada orang yang membacanya, makanya kita diwajibkan membaca al quran supaya kita mendapatkan kebaikan yang sudah disediakan oleh Allah swt. Allah berikan kebaikan kepada orang yang mengaji, maka dari itu marilah ita perbanyak mengaji pada bulan ramadhan.

  1. Melaksanakan ibadah umroh

Ibadah umroh yang dilaksanakan pada bulan ramadhan sama saja pahalanya bagaikan ibadah haji karena ibadah umrohnya dilaksanaan dibulan ramadhan, untuk yang punya uang lebih maka ada baiknya kita melaksanakan ibadah umroh karena allah berikan pahala yang luar biasa.

Amalan utama dibulan ramadhan

  1. I’tikaf di masjid

Nah biasanya pada malam 10 terakhir pada bulan ramadhan kaum laki – laki harusnya melaksanakan I’tikaf yaitu tinggal dimasjid dan hanya fokus hanya melakukan ibadah di Masjid selama 10 hari terakhir pada bulan suci ramadhan. Ibadah yang hanya kita fokuskan untuk memperbaiki diri kita supaya bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

  1. Mencari lailatul qodar

Malam lailatur qodar adalah malam yang lebih baik dari pada malam seribu bulan perumpamaannya seperti itu karena sangking baiknya malam lailatul qodar, malam paling baik yang paling banyak diharakan oleh umat islam diseluruh dunia.

  1. Menyegerakan berbuka

Berbuka puasa tidak boleh ditelatkan karena memang harus disegerakan, karena Allah tidak menyukai hambanya yang telat berbuka puasa atau pun mengakhirkan buka puasa, dan Rasulullah pn menganjurkan untuk tidak telat berbuka puasa.

Baca juga : Amalan sunnah di bulan ramadhan

  1. Mengakhirkan makan sahur

Makan sahur yang dianjurkan adalah makan sahur yang diakhirkan, hal ini dikarenakan tubuh kita lebih tahan lama berpuasa, sehingga tubuh kita lebih tahan untuk menjalankan ibadah puasa.

  1. Perbanyak zikir

Di bulan Ramadhan kita dianjurkan memperbanyak ucapan – ucapan yang baik – baik, karena bulan puasa adalah bulan yang suci penuh berkah sehingga kita harus memperbanyak zikir zikir dengan zikir apapun itu sehingga ucapan kita terbiasa dengan ucapan zikir yan baik, misalnya seperti beristighfar atau pun dengan ucapan zikir yang lainnya. Intinya kita harus memperbanyak zikir pada bulan Ramadhan, apa pun itu kita harus memperbanyak zikir apa pun yang bisa kita ucapkan. Jangan sampai mulut kita tidak berzikir, supaya amal ibadah kita semakin banyak juga dan puasa kita pun semakin baik kualitasnya.

  1. Membayar zakat fitrah

Pada bulan ramadhan kita diwajibkan untuk membayar zakat fitrah hal ini bertujuan untuk membersihkan diri kita dari dosa – dosa yang telah kita lakukan, dan selain dari pada itu, Zakat juga Sebagai bentuk patuhnya kita kepada perintah Allah swt.

Zakat fitrah berbeda dengan zakat mal, kalau zakat mal bisa dibayarkan oleh kita kapan saja. sedangkanzakat fitrah hanya dibayarkan pada bulan Ramadhan saja. zakat fitrah juga sebagai bentuk rasa syukur kita kepada Allah swt. Sebagai wujud rasa syukur kita terhadap kasih sayangnya Allah kepada kita sebagai umat muslim. Dan juga kita menghindarkan diri kita dari azabnya Allah dengan membayarkan zakat fitrah kepada kaum fakir miskin sesuai dengan perintah Allah swt. Dengan membayar zakat fitrah juga membersihkan harta kita karena kita membantu para fakir miskin yang  memang membutuhkan bantuan kita sebagai sesama muslim karena memang sesama muslim harus tolong menolong.

-(^-^)-

Demikianlah pembahasan kami kali ini semoga tulisan tentang Amalan utama dibulan ramadhan , akan mejadi ilmu tambahan baru untuk para pembaca sekalian, semoga saja Allah selalu memudahkan kita untuk selalu belajar dan beramal yang baik.

Baca juga :

-. Apa itu MAWARIS

-. [TELADAN KITA] Kisah Keutamaan Shalat Berjamaah

Amalan utama dibulan ramadhan | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: