Amalan sunnah di bulan ramadhan

Amalan sunnah di bulan ramadhan – Sebentar lagi kita akan memasuki bulan ramadhan, tentunya bulan ini adalah bulan yang dinanti – nanti oleh semua umat islam diseluruh dunia. Karena ramadhan adalah bulan yang paling istimewa. Ramadhan merupakan bulan yang paling banyak Allah berikan pahala yang berkali – kali lipat jika dibandingkan dengan bulan yang lainnya.

Disaat bulan ramadhan biasanya ada beberapa amalan – amalan sunnah yang biasa dilakukan, nah apa sajakah itu, mari kita simak beberapa penjelasan yag telah disusun oleh tim dosenislam.com :

Amalan sunnah di bulan ramadhan

  • Makan sahur

Bagi kita yang akan berpuasa, maka dianjurkan untuk makan sahur, hal ini bertujuan supaya tubuh tetap sehat dan juga bertenaga saat menjalankan ibadah puasa. Sehingga tidak membuat alasan untuk tidak berpuasa. Jadi kita tetap bisa beraktivitas seperti biasanya dan badan pun tetap sehat seperti biasanya.

“Bersahurlah kalian, karena pada santap sahur itu ada keberkahan.” (HR.Bukhari Muslim).

  • Segera Berbuka Puasa

Saat berpuasa puasa tentunya hal yang paling ditunggu – tunggu adalah saat berbuka puasa, apalagi anak – anak yang masih belajar berpuasa yang ditunggunya adalah berbuka puasa. Jadi ketika azan maka hendaklah kita untuk bersegera berbuka puasa, karena menyegerakan berbuka puasa sangatlah dianjurkan seperti hadisnya “Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim). Danjangan sampai kita menunda buka puasa karena alas an pekerjaan yang mungkin belum selesai, maka ketika azan magrib bergegaslah untuk segera berbuka puasa.

  • Membaca al quran

Membaca alquran pada bulan ramadhan sangat banyak pahalanya, karena satu huruf yang kita baca akan diberikan sepuluh kebaikan oleh allah swt. Maka sungguh rugi orang – orang yang tidak membaca al quran ketika berpuasa pada bulan ramadhan, karena ada begitu banyak kebaikan disitu sehingga jangan sampai kita abaikan mengaji pada bulan ramadhan. Karea allah sediakan lading amal disitu.

Baca lagi : -. Amalan sunnah di bulan ramadhan

  • Sholat berjamaah di masjid

Sholat berjamaah di masjid bagi laki – laki pada bulan ramadhan maka Allah juga lipat gandakan juga pahalanya disitu, bulan yang paling banyak keberkahannya adalah ramadhan maka sungguh rugilah bagi laki – laki yang masih tidak mau sholat ke masjid ketika bulan ramadhan datang. Padahal sudah Allah siapkan kebaikan disitu, maka harus dengan cara apalagi Allah mengetuk hati mereka supaya mau sholat berjamaah di masjid.

  • Banyakin shodaqoh

Bulan puasa adalah bulannya untuk berbagi, berbagi rezeki untuk orang – orang yang membutuhkan, begitu banyak orang yang kurang mampu disekitar kita dari segi ekonomi, maka dari itu hendaklah kita bantu mereka disekitar kita yang kurang mampu, karena untuk orang yang ber shodaqoh juga allah siapkan balasan amalan kebaikan yang mereka tebarkan, ada banyak pahala yang allah berikan bagi mereka yang mau ber shodaqoh, masya allah sngguh luar biasa allah, yang dibantu mendapatkan bantuan, dan yang memberikan bantuan maka allah janjikan kebaika – kebaikan bagi mereka juga. Maka sama – sama menguntungkan masya allah sungguh indahnya bulan ramadhan ini.

Amalan sunnah di bulan ramadhan

  • Berbagi makanan untuk berbuka kepada tetangga

Makanan biasanya selalu disiapkan oleh kita setiap hari ketika bulan ramadhan, karena makanan akan disantap ketika berbuka puasa nanti. Nah ketika puasa cobalah makanan yang kita siapkan tidak hanya untuk kita saja, tetai juga untuk tetangga disamping rumah kita, jadikanlah makanan untukberbuka puasa sebagai lading amal buat kita ketika berpuasa. Karena bisa jadi besok kita sudah tidak bisa lagi untuk berbagi makanan karena Allah sudah memanggil kita kehadapannya. Karena umur juga adalah rahasia Allah swt. Jadi marilah kita mulai puasa tahun ini kita biasakan mulai berbagi makanan engan tetangga yang ada disekitar rumah kita.

  • Sholat Tarawih

Sholat Tarawih adalah sholat sunnah yang hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja, beda dengan sholat sunnah lainnya, karena memang sholat tarawih ini khusus dikerjakan ketika bulan ramadhan saja. sholat ini dilakukan setelah kita melaksanakan sholat isya dan biasanya dilaksanakan dimasjid dengan berjamaah, allah berikan ampunan bagi orag – rang yang melaksanakan sholat tarawih pada malam hari, allah berikan ampunan dan allah menyukai hambanya yang memohon ampunan hanya dari Allah swt.

Baca juga : -. Mencari Ridho Allah Dalam Hidup ini Dengan Ilmu

  • I’tikaf

Dilakukan pada 10 malam terakhir pada bulan ramadhan, yang dimaksud dengan i’tikaf adalah berdiam diri dimasjid dengan hanya fokus melakukan ibadah saja selama  10 hari tersebut dan benar – benar hanya berserah diri kepada Allah swt. dan melupakan urusan dunia sejenak supaya kita lebih fokus beribadah saja dan biasanya i’tikaf hanya dilakukan oleh laki – laki saja, karena lebih mudah jika dilaksanakan oleh kaum laki – laki.

  • Bertaubat

Hal yang paling membahagiakan dibulan ramadhan bagi kita adalah allah membukakan pintu tobatnya yang sebesar – besarnya. Dan Alah sangat menyayangi hambanya yang mau bertobat, maka dari itu jangan sampai kita melewatkan untuk segera bertobat kepada Allah swt. Ketika Allah menerima tobat kita maka secara otomatis kehidupan kita pun akan berangsur – angsur menjadi lebih baik dari sebelumnya karena tobat kita sudah diterima oleh Allah yang maha baik karena Allah tidak pernah menolak hambanya yang memohon ampunan darinya.

  • Menebar ilmu kebaikan

Ilmu apapun yang kita miliki tidak akan berguna jika tidak kita bagi kepada orang lain, maka dari itu kita harus berbagi ilmu – ilmu yang kita miliki baik tu ilmu pengetahuan maupun ilmu agama, terutamailmu agama. Karena jika kita membagi ilmu agama apapun itu meskipun sediki akan Allah berikan pahala disitu apalagi ilmu agama yang kita bagi kepada orang lain dan orang itu mengamalkannya, maka kita juga akan mendapatkan pahala seperti kebaikan yang dikerjakan oleh orang tersebut.

Amalan sunnah di bulan ramadhan

Demikialah sepuluh amalan yang bisa kita lakukan pada Bulan Ramadhan nanti, semoga bisa bermanfaat bagi kalian dan juga kita semua, jangan lupa baca lagi amalan di bulan ramadhan sesuai sunnah .

Baca juga :

-. 4 HUKUM NUN MATI

-. MENGAPA ! Waktu Adzan Harus Dikumandangkan

 

Amalan sunnah di bulan ramadhan | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: