Agar Puasa Tidak Sia-Sia

Agar Puasa Tidak Sia-Sia –  Puasa ramadhan sebentar lagi, tidak terasa ramadhan akan segera datang kembali kepada kita, semoga allah berikan kita umur untuk sampai kepada bulan ramadhan tahun ini. Puasa yang kita laksana ka jangan sampai sia – sia supaya amal ibadah kita tidak hanya lelah menahan lapar dan juga haus semata – mata.

Agar Puasa Tidak Sia-Sia

Seperti hadist berikut yang berbunyi “betapa banyak orang yang berpuasa, tetapi ia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja (HR. At Thabrani).

Nah apa sajakah penyebab puasa yang kita lakukan hanya jadi sia – sia saja, berikut kami dari tim DosenIslam.com telah merangkumnya dalam 4 Penyebab Puasa Sia-sia & 3 Tips Agar Puasa Tidak Sia-sia.

Agar Puasa Tidak Sia-sia

4 Penyebab Puasa Sia-sia

  • Berkata kotor

Kita harus berhati – hati ketika berkata pada saat bulan ramadhan karena pada bulan ramadhan itu tidak hanya amal saja yang allah lipat gandakan tetapi juga dosa allah lipat gandakan maka dari itu jangan smpai lisan kita mengucapkan kalimat – kalimat yang dusta, yang bohong, yang asal bunyi saja, maka kita harus berhati – hati dan jangan sampai mengucapkan kata yang tidak penting“barang siapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan selalu mengamalkannya, maka allah tidak butuh kepada puasanya (allah swt tidak membutuhkan upaya darinya untuk meninggalkan makan dan minumannya”. (HR. Muslim).

  • Bergosip

Hindarilah bergosip ria terlebih ketika kita berpuasa, karena bergosip itu hanya akan menyebarkan aib saudara semuslim kita, maka dari itu hidarilah bergosip jangan sampai lisan kita ini merusak amal ibadah puasa kita, karena kita sendiri yang rugi kalau ibadah puasa kita sia – sia tidak diterima oleh Allah swt. Karena kita sering menggosipkan orang lain.

  • Jangan maksiat

Hati – hati lah kalian karena kita hidup di dunia ini akan selalu dalam pengawasan Allah swt. Layaknya cctv, nah cctv ini tentu berbedadari cctv yang biasa kita lihat, karena Allah yang langsung mengawasi semua gerak – gerik kita semua yang kita lakukan di dunia ini, tentu semuanya akan Allah lihat da akan Allah berikan amal kebaikan atau pun amal buruk yang jika itu amal buruk maka siap – siap puasa kita akan sia – sia juga, jadi jagalah diri kita ini supaya jangan sampai berbuat maksiat, sekecil apapun maksiat yang kita lakukan Allah tetap akan mengetahuinnya.

Maksiat itu ada banyak jenisnya, mulai dari maksiat dengan pandangan makanya kita perlu menjaga pandangan dari yang diharamkan oleh allah swt. Biasakanlah kita menjaga pandangan supaya mata kita terjaga dari pandangan yang buruk, karena jika mata kita sudah terbiasa bermaksiat dengan melihat pandangan – pandangan yang buruk maka ketika melihat yang baik – baik maka mata akan menolak, oleh karnannya jangan sampai mata kita terus dibiarkan untuk bermaksiat.

Lalu Jaga telinga kita juga, supaya kita tidak berdosa melalui pendengaran yang buruk – buruk. Bahkan tangan dan kaki kita pun selalu kita jaga, jangan sampai kaki kita ini melangkah ke tempat yang bermaksiat, dan juga tangan jangan sampai kita ini mengambil sesuatu yang haram dan allah haramkan, supaya tangan kita tidak kotor oleh dosa maksiatnya tangan karena mengambil sesuatu yang bukan hak kita.

JANGAN DIBACA DULU : “Amalan sunnah di bulan ramadhan

  • Tidak membuang waktu

Ketika kita berpuasa maka usahakanlah untuk tidak membuang – buang waktu dengan melakukan hal – hal yang tidak bermanfaat misalnya jalan – jalan ke tempat maksiat. Jangan sampai seperti ini, supaya kita mendapatkan pahala pada puasa kita yang kita lakukan. Lakukanlah hal – hal yang positif dan juga bermanfaat supaya allah berikan pahala pada puasa yang kita jalankan.

Amalan sunnah di bulan ramadhan

3 Tips Agar Puasa Tidak Sia-sia

Tipsnya supaya puasa kita tidak sia – sia, berikut :

  1. Meningkatkan kualitas diri untuk memperbaiki ibadah Contohnya kita semakin giat melakukan amalan ibadah ketika berpuasa di bulan ramadhan, seoerti sholat berjamaah di masjid, baik sholat wajib dan juga sholat sunnah seperti sholat tarawih berjamaah di masjid, serta meningkatkan kualitas bacaan al quran kita. Jika belum lancer maka kita bisa memperbaiki bacaan al quran kita dengan mencari guru ngaji yang bisa mengajari kita membaca setiap huruf pal quran dengan baik dan juga benar supaya semakin banyak pahala yang kita dapatkan.Baca Dulu BARU LANJUT : “Amalan utama dibulan ramadhan
  1. Jangan kebanyakan main hp, karena hp bisa menjadi setan gepeng yang akan selalu menggoda anda untuk melihat hp, misalnya anda akan mengaji tetapi karena hp anda berbunyi maka akan bisa langsung tergoda untuk melihat hp karena ada sesuatu hal yang penting pda h panda, jadi saran saya jangan kebanyakan main hp ketika ramadhan sudah tiba supaya kita bisa lebih berkonsentrasi untuk melakukan ibadah fokus pada ibadah – ibadah kita pada saat ramadhan. Karena belum tentu kita bisa berjumpa lagi pada bulan ramadhan pada tahun yang akan datang.
    .
  2. Ikutilah kajian – kajian yang diadakan di masjid- masjid atau pun di tempat lainnya, untuk menambah pengetahuan – pengetahuan tentang agama pada bulan ramadhan nanti, supaya diri kita akan semakin terjaga untuk tetap fokus pada ibadah saat ramadhan akan datang.

Demikiannlah tulisan kami mengenai “Agar Puasa Tidak Sia-Sia” Semoga, Tulisan kali ini akan memberikan manfaat dan kebaikan untuk kita semua agar mampuh menjauhakan diri dari hal-hal yang dapat menyembakan Puasa kita menjadi sia-sia, dan semoga Allah sampaikan umur kita untuk dapat beribadah dibulan Rahmadhan MAXSIMALL.

Baca Juga :

->. Surat Al Isra : 36 “3 Pertanggung Jawaban kita di Akhirat” Part 1

dan

->. Rukun Iman yang ke 6 yaitu Iman Kepada Qodo dan Qodar

 

Agar Puasa Tidak Sia-Sia | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: