9 Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat Tepat dan Baik

9 Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat Tepat dan Baik

DosenIslam.com || Tahukah kita ada suatu hal yang paling berhak dihafal selain berhak hal ini juga diharapkan oleh semua Umat Islam didunia ini, dan hal yang sering kali bahkan oleh penulis sendiri pun ingin menjadi seperti itu, apakah itu ? tidak lain hal itu adalah Al Qur’an.

Mengapa ? Tentu saja bisa menjadi penghafal Al Qur’an merupakan kebahagiaan, dan kebahagian itu akan terasa lebih lengkap ketika bisa lancar membaca, menghafal dan mengerti apa itu  Al Quran.

Dan tahukah kita 9-cara-menghafal-alquran-dengan-cepat-tepat-dan-baik? bahwa sudah tidak asing mendengar bahwa para SAHABAT Rasulullah SAW, memiliki amalan andalan berbeda-beda, namun semuanya ingin menjadi penghafal  Al Qur’an,  luar biasa bukan ? bayangkan saja kalaw para SAHABAT  Rasulullah SAW  yang memiliki kadar Keimanan dan Amalan yang tinggi lagi banyak serta sebagian sudah ada yang dijamin masuk Surga masih ingin menjadi penghafal Al Qur’an, nah bagaimana dengan diri kita yang amalan dan keimananya jauh dibawah mereka ? tidakkah kita termotivasi ? Oleh Karenanya, kita sebagai seorang penuntut ilmu hendaknya meletakan hafalan Al Qur’an sebagai prioritas utama dalam kehidupan kita.

Namun Seringkali, sebagian dari kita ingin menjadi penghafal Al-Quran tapi masih saja mengalami kesulitan ketika berada dalam prosesnya. Ada beribu alasan untuk diri kita tidak sabar dan menyerah bahkan luntur semangatnya dari waktu ke waktu, maka dari itu kali ini penulis akan mencoba membagikan 9 Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat Tepat dan Baik.

  1. Langkah Pertama : Niat Ikhlas Semangat hanya Karna Allah di Utamakan

Pertama kali yang harus kita lakukan sebagai penghafal Al Qur’an hendaknya mengikhlaskan niatnya hanya karena Allah saja, karena ketika suatu saat nanti ketikan kita merasa bosan dan malas, Insya Allah, Allah akan jauhkan kita dari hal tersebut karena sesuatu perkerjaan yang Ikhlas karena Allah, Allah akan mudahkan kita dalam menjalankanya.

  1. Langkah Kedua : Memperbanyak Sholat Hajad plus Doa untuk menghafal

Kita semua sadar dan pasti tahu kalaw semua hal yang ada didunia ini merupakan izin atas kehedak Allah, maka dari itu dengan harus sering melakukan Sholat Hajat dan berDoa memohon kepada Allah agar dimudahkan di dalam menghafal Al Qur’an.

  1. Langkah Ketiga : Coba Memperbaiki Bacaan mulai dari Tajwid Makhroj sampai Harakat

Sebelum mulai menghafal, ada lebih baiknya kita harus, dan musti memperbaiki bacaan Al Qur’an kita agar sesuai dengan hukum-hukum bacaanya tajwid.
Terutama untuk beberapa bacaan, diantaranya :

Coba perhatikan Makhroj Huruf. Seperti huruf ( zal) awas dibaca ( dzal ), atau huruf ( sa’) jangan dibaca ( tsa )

  1. Langkah Keempat : Ayo cari metode menghafal yang sesuai dengan Kita

Ada dua cara yang pernah penulis lakukan yaitu MENGHAFAL PER SATU HALAMAN minimal 5 kali maksimal tak terbatas dan kalo bisa baca dengan hukum dan cara yang benar, setelah hafal 1 lembar baru beralih kelembar beruikutnya, sebelum menghafal halaman berikutnya ada lebih baiknya halaman sebelumnya dihafal kembali, cara keduanya hafalkan AYAT-PERAYAT, cara ini kita hafalkan 1 ayat minimal diulang-ulang minimal 10x dan maksimal tak terbatas, dan setelah hafal 1 ayat maka lanjutkan keayat selajutnya, tapi jangan lupa untuk diulangi lagi ayat sebelumnya.

  1. Langkah Kelima : Pilih satu mushaf Al Qur’an khusus

Makdsunya disini iyalah, agar kita terbiasa dan tidak canggung lagi ketika hendak memulai hafalan, karena jujur penulis pernah mengalami sedikit terganggu ketika penulis mencoba mengonta-ganti Ak Qur’an nya, jadi kalaw bisa khusus kan 1 mushaf yang kita gunakan.

  1. Langkah Keenam : Ayo coba cari Teaman dan Guru ngaji untuk Setoran Hafalan

Agar kita dapat menghafal Al Qur’an dengan baik dan cepat perlu sekali kita untuk sering-sering mengulang-ulang hafalan kita nah maka dari itu kita dituntun untuk mulai mencari teman untuk bertukar dan memperbaiki cara bacaan dan hafalan-hafalan kita dan bisa lebih baik lagi kalaw kita memiliki Guru Ngaji yang langsung memperbaiki cara baca dan hafalan-hafalan kita.

  1. Langkah Ketujuh : Sering-seing mengdengar Orang bertilawah melalui Mp3 atapun langsung

Nah cara berikutnya agar kita dapat menghafal Al Qur’an dengan baik dan benar iyalah sering mendengar mp3 ataupun mendengar dari jammah pengajian yang ada disekitar kita.

  1. Langkah Kedelapan : Memilih waktu yang tepat dan dilakukan dengan dispilin

Hal apa saja yang ada didunia ini menutut kita untuk selalu disiplin karena sesuatu hal yang selalu dilakukan dengan kedisiplinan akan menuntun kita menjadi pribadi yang baik dan tidak semberono. Kalaw pun dulu penulis selalu memilih waktu-waktu setelah sholat shubuh dan setelah sholat-sholat wajib.

  1. Langkah Kesembilan : Sering-sering mengulang dan menjauhkan diri dari Maksiat

Setelah kita mampuh menghafal sebagian atau pun satu Al Qur’an kita janagn pernah kita sampai meninggalkannya begitu saja, merasa diri telah hafal kita lupa untuk mengulangnya lagi, ingat sesutu hal yang dilakukan dengan berulang-ulang akan menjadi suatu kebiasaan untuk kita.dan yang paling penting jangan lupa untuk selalu bersyukur kepada Allah dan salah satu bentuk Syukur kita kepada Allah adalah dengan MULAI MENJAHUI APA YANG DI LARANGNya, karena tidak menutup kemungkina melalui dosa-dosa kita sendirilah hafala-hafalan yang selama ini kita simpang akan langsung berguguran seperti dedauan yang rontok dari pohonya di musim panas.

Demikianlah 9 Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat Tepat dan Baik semoga saja pembaca sekalian dapat mengambil hikmah dan bisa mengerti serta mepraktekkanya dan semoga kita semua dikaruniayi pemahaman agar mampuh menghafal Menghafal Alquran Dengan Cepat Tepat dan Baik dan menjadi HAFIZ ataupun HAFIZOH, Amin Ya Allah.

Deni Febrian

( 4/12/2016)

Lihat juga :

 

 

 

 

9 Cara Menghafal Alquran Dengan Cepat Tepat dan Baik | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: