7 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

.

7 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa

 

DosenIslam.com || Bulan ramadhan adalah bulan suci dimana setiap umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Makna puasa secara mendalam adalah menahan dari segala yang membatalkan baik dari sisi jasmani maupun rohani.untuk menjaga kesehatan di bulan ramadhan hendaklah kita mengonsumsi makanan dan juga minuman yang halal dan juga sehat untuk tubuh kita.

Adapun jenis makanan sehat untuk berbuka puasa yaitu sebagai berikut :

1.    Kurma

Kurma merupakan jenis buah yang jarang dijunpai di indonesia, karena kurma hanya tumbuh di daerah padang pasir saja di jazirah arab, dan biasanya kurma banyak kita jumpai saat bulan ramadhan saja, berbeda seperti bulan lainnya. Kurma merupakan buah yang selalu dikonsumsi rasulullah ketika beliau berbuka puasa. Kurma banyak sekali manfaatnya, diantaranya bisa mengembalikan energiyang hilang saat berpuasa karena kurma mengandung glukosa serta kandungan kalorinyabegitu rendah.

2.    Madu

Madu juga manfaatya hampir sama seperti kurma, bisa mengembalikan energi kita yang hilang saat berpuasa, karena mengandung glukosa, vitamin, antioksidanm kalium dan lainnya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, apalagi ketika berpuasa.

3.    Sayur-Sayuran

Sayur-sayuran juga merupakan makanan yang sehat untuk dikonsumsi saat berpuasa, karena sayuran mengandung serat yang tinggi sehingga sayuran mudah dicerna oleh lambung. sayuran hijau banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan tubuh selain mengandung serat yang tinggi, sayuran juga mengandung mineral, protein, vitamin C, K dan asam folat. sayuran juga mengandung zat besi yang baik untuk meningkatkan tekanan darah bagi penderita anemia, dan ini juga dapat melancarkan proses pencernaan dan juga pengeluaran detoks dalam tubuh.

4.    Buah-buahan

Buah dapat dijadikan alternatif untuk mengatasi dehidrasi setelah berpuasa satu hari penuh. Buah-buahan begitu mudah dicerna usus, maka dari itu anjuran ini sangat efektif untuk kita lakukan.
Dan untuk pilihan buahnya sendiri anda bisa meng-konsumsi buah yang banyak mengandung serat alami, yang  mudah dicerna dan mengandung kadar gula (buah manis) seperti pisang, apel, pepaya, melon, anggur, buah naga dan lain sebagainya.

5.    Susu

Susu adalah salah satu jenis makanan yang sangat mudah dicerna tubuh dan bisa memberikan energi dengan cepat. Memang biasanya jarang orang yang mengkonsumsi susu secara langsung saat berbuka puasa namun susu banyak digunakan sebagai campuran menu berbuka puasa seperti puding, es buah atau lainnya.

6.    Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga baik diajdikan menu berbuka puasa karena mengandung serat dan protein yang baik untuk proses regenerasi sel dalam tubuh.

7.    Ikan

Tidak perlu diragukan lagi, bahwa Ikan itu banyak sekali manfaatnya untuk tubuh kita ini, hal itu di-karenakan daging ikan banyak sekali mengandung asam lemak omega 3 yang tinggi, antioksidan, protein hewani, vitamin D dan B2 serta sejumlah mineral. Kandungan pada omega 3 (EPA dan DHA) pada ikan membuat pertumbuhan sel saraf otak dengan baik, melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung.

itulah dia 7 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa, semoga saja dapat menjadi ilmu tambahan kita dalam melaksanakan amalan-amalan terbaiknya.Wallahu A’lam

 

Lihat Juga :

 

 

 

 

7 Jenis Makanan Sehat Untuk Berbuka Puasa | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: