*3* Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT !

.

*3* Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT !

.

DosenIslam.com || Boleh kah saya bertanya kepada pembaca sekalian, Sudahkah anda hari ini bersyukur ? kalau belum, coba anda tanyakan pada diri anda sendiri,

Pertama : “Siapa yang membuat DIRI ini bisa terbangun dengan nyaman di pagi hari ini ?”

Kedua : “Siapa yang mengizinkan diri ini bisa bernafas dalam keadaan tenang sehingga kita bisa merasakan nikmatnya tiap nafas baru dalam hidup ini.

Dan Ketiga : “Siapa yang memberikan Nyawa baru untuk hari ini ?”

Dan coba juga jawab pertanyaan lanjutannya.

Pertama : “Siapa yang memberikan kesembuhan ketika kita dalam keaadaan sakit.”

Kedua : “Siapa yang memberikan ketenangan disaat kita dalam keadaan Gundah ?”

Dan Ketiga : “Siapa yang memberikan kekuatan disaat kesulitan meland ?”

Apa jawaban dari semua pertanyaan tadi ? ya.. siapa itu ? Tidak lain dan tidak bukan Dia-lah Allah SWT Tuhan yang maha Esa, yang dimana berkat izin dan kehendaknya kita bisa melewati dan merasa semua itu.
Dan pada intinya semua kesehatan, kebaikan, rezeki, musibah, ujian dan sebagainya yang telah kita rasakan, teruslah untuk tetap bersyukur sebab dibalik itu semua Allah SWT telah menyelipkan nikmat-nikmat yang lainnya, yang tekadang kita sering tidak pernah menyadari dan mengetahuinnya.

.

Hakekat Syukur .

Bersyukur itu sebenarnya bukan hanya dilisan atau hanya sekedar diucapkan saja, yang intinya bersyukur belum cukup bila hal itu hanya diucap melalui lisan saja, Karena sejatinya hakekat tanda bersyukur kita kepada Allah SWT mencakup 3 hal yaitu Hati, Lisan dan Seluruh Anggota Tubuh ini.

Hati ini benar-benar mulai menyadari dan sadar bahwa hanya Allah SWT yang telah memberi semua Nikmat yang masih kita rasakan sampai hari ini, Lisan ini selalu menyebut dan membanggakan semua nikmat-nikmat dari Allah SWT, sedangkan Anggota Tubuh ini selalu dan akan selalu kita gunakan untuk menjalankan semua ketaatan dan perintah dari Allah SWT.

.

3 Tanda-tanda Orang Bersyukur.


.

“HATI” yang selalu Menerima Semua kendak Allah SWT.

Hati merupakan hal yang terpenting dalam hal bersyukur, sebab hati merupakan jendela pertama kita dalam hal merasakan semua kenikmatan dan ujian yang ada untuk kita nikmati.

Karenanya bila hati ini kita mampuh untuk sadar dan mengakui serta menyakini bahwa semua ini merupakan nikmat dan ujian ini merupakan pemeberian dan karunia dari Allah SWT untuk kita nikmati dan lewati, maka Insya Allah, dengan Rahmad Allah SWT kita secara tidak langsung telah dijauhi dari sifat Ira, Tamak, Dengki, Kecewa, dan sifat-sifat kurang bersyukurnya atas segala pemberian yang Allah SWT telah takdirkan untuk Kita.

.

“Lisan” yang Tak Pernah Lupa Berdzikir.

Lisan kita ini sudah berapa sering kita bertasbih, bertahmid, dan berzikir untuk mewakili ucapan syukur kita kepada Allah SWT atas semua pemberian yang telah diberkan-Nya kepada kita semua.

Teruslah mengucapkan kalimat-kalimat syukur atas semua yang pernah kita rasakan, apapun itu bentuknya yakinlah bahwa itu semua adalah Pemberian Allah SWT terbaik untuk kita rasakan dan lewati.

.

“Anggota Tubuh” Hanya Untuk Jalan Terbaik.

Artinya seperti yang kita singgung diatas masih belum cukup ungkapan syukur itu sebelum kita membuktikannya dengan sikap dan perilaku kita dalam menjalanai kehidupan ini.

Dan pada akhir harapanya diri kita yang merasa bersyukur ini akan selalu melakukan perbuatan dan hal-hal yang baik, yang dalam hal ini kita akan meningkatkan kualitas-kualitas ibadah kita dengan lebih dan maksimal dari pada hari-hari sebelumnya.

Contoh sederhananya :

Sholat Fardu tepat waktu.

Sholat Sunnah yang diperbanyak.

Sedekah selalu memeberi yang terbaik.

Puasa Sunnah tak pernah lewat.

Tilawah dan Dzikir tak pernah lewat setiap harinya

Patuh pada orang tua.

Menghargai orang lain.

Dan masih banyak yang lainnya.

Intinya Jika kita mengaku bersyukur tetapi kita masih sering lalai dan malas dalam melakukan hal-hal yang ketaatan kepada Allah SWT , maka secara tidak langsung kita termasuk orang-orang yang masih belum bisa bersyukur atas nikmat Allah. Sebab pada hakikatnya nikmat yang Allah SWT berikan kepada kita fungsinya adalah untuk mempermudah kita untuk lebih banyak dan bisa meningkatkan semua Ibadah dan ketaatan kita kepada Allah SWT.

Dan pada akhirnya sebagai bukti kalau kita telah bersyukur kepada Allah SWT adalah meyakini semua nikmat dan pemberian ini adalah atas kehendak dan izin Allah SWT, Allah lah yang telah memberikannya kepada kita, maka dari itu selalulah Bersyukur dengan hati ikhlas dengan lisan yang penuh kebaikan dan dengan bukti yang nyata untuk selalu menjalankan ketaatan kepada Allah SWT.

Semoga pembahasan mengenai 3 Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT ini dapat membuat kita untuk bisa lebih baik lagi untuk bisa bersyukur secara baik dan benar. Wallahu A’lam.

.

Lihat Juga :

.

.

.

*3* Tanda Orang Bersyukur Kepada Allah SWT ! | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: