“1001” Kisah Islam Penuh Hikmah “Wanita Berkulit Hitam dan Selempang”

“1001” Kisah Islam Penuh Hikmah

“Wanita Berkulit Hitam dan Selempang”

 

 

DosenIslam.com || Masya ALLAH, bukan lagi jadi hal yang aneh bila kita mencoba menyelami kehidupan Rasulullah SAW, Keluarga dan Sahabatnya, maka kita pasti akan selalu  haus akan kisah – kisah lainya, hal ini disebabkan oleh memang banyaknya hikmah dan ilmu yang dapat kita pelajari didalamnya. Seperti dengan sebuah kisah kali ini yang langsung diceritakan oleh Istri Rasullullah SAW.

Terkisahlah dari ‘Aisyah istri termuda Rasulullah Saw yang mulia. Anak dari sahabat yang dijamin masuk surga Abu Bakar ash-Shidiq. Beliau menuturkan kepada kita sebagaimana yang telah diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari. Dikatakan olehnya bahwa “Ada seorang wanita yang mempunyai kulit hitam dan telah masuk Islam. Wanita ini mempunyai rumah kecil di dekat masjid.”

 

Wanita Berkulit Hitam.

Hal yang menarik dari sosok wanita berkulit hitam ini (yang tak disebutkan namanya ini), “Ia selalu datang dan berbicara kepada kami,” Ujar Aisyah ra. Wanita itu datang untuk menceritakan keluh kesahnya, dan disaat dia akan pulang, pasti dia selalu berkata, “Dan hari selempang adalah bagian dari keajaiban Tuhan kita. Ketahuilah, Dia telah menyelamatkanku dari negeri kafir.”

Mengenai makna dua kalimat itu, bisa langsung dipahami melalui dari jalan hidup yang telah ia pilih dengan yaitu dengan kembali ke dalam pangkuan Islam. Lalu mengenai Hari Selempang yang disebut itu, ‘Aisyah ra mencoba menanyakan, “hari selempang itu apa?”

 

Uniknya Orang berilmu.

Inilah salah satu keunikan orang yang berilmu yang dimana Ia akan selalu mencoba meminta keterangan tentang sesuatu yang memang belum/tidak diketahui olehnya. Dan bukan hanya untuk menguji, tetapi hal ini hanyalah untuk mencoba mendapatkan ilmu. Dan kemudian, sebagaimana yang disebutkan dalam hadist Imam Bukhari ini.
lalu wanita itu mulai berkisah, “Dulu,” Wanita ini memulai kisahnya, “ada seorang anggota keluargaku yang keluar dengan mengenakan selempang dari kulit.”

(Baca juga [100% Penting] Menuntut Ilmu Pengetahuan Dalam Islam )

 

Kisah Selempang Dari Kulit dan Pertolongan Allah SWT.

Qadarullah, selempang itu terjatuh. Pada saat bersamaan, datanglah seekor burung. Burung mengira selempang itu daging  yang lezat (Sebab selempang itu terbuat dari kulit). lantaran kejadian itu, wanita hitam berkulit hitam itu menjadi tertuduh. Keluarganya menyuruh dia untuk mengaku bahwa ia telah melakukan suatu kejahatan yang dimana ia sama sekali tidak mengetahui dan tak tak tahu apa yang telah dikerjakannya. “Aku disiksa mereka semua dan juga digeledah .” lanjut wanita itu berkisah.

Lalu kemudian, ketika orang-orang mulai mengelilinginya, dan memaksanya untuk mengakui hal tersebut orang-orang pun  tetap menyiksanya, lalu datanglah burung pembawa selempang itu tadi dan menjatuhkan selempang itu tepat di tengah kerumunan tersebut. Merasa telah mendapat pertolongan Allah SWT dengan menahan rasa sakit, malu dan bangganya karena mendapat pertolongan Allah Swt, ia pun-bertutur, “Itulah yang telah kalian tuduhkan kepadaku. Padahal, aku bebas dari tuduhan itu.”

-= – =-

Masya Allah, maha benar Allah dengan segala firmaNya. Dan demikianlah kisah kebenarannya itu. hal yang perlu kita ingat lagi di kisah “Wanita Berkulit Hitam dan Selempang” Meski telah disiksan dan dikeroyok kalau kita memang benar, maka Allah SWT akan memenangkan kita dengan cara yang tidak kita pernah duga. dan begitu juga bila ada fitnah, makar dan tipu daya Insya Allah, Allah SWT akan selalu melindungi kita.

“Yakinlah bahwa Allah SWT akan selalu memberikan PertolongaNya kepada kita.”

Wallahu A’lam.

 

Pelajari juga Ilmu-ilmu lainnya :

 

 

 

 

 

“1001” Kisah Islam Penuh Hikmah “Wanita Berkulit Hitam dan Selempang” | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: