1001 “Kisah Islam Penuh Hikmah : Cara Allah Menegur Kita”

1001 “Kisah Islam Penuh Hikmah : Cara Allah Menegur Kita”

 

 

DosenIslam.com || Alkisah, ada seorang guru yang hendak memberikan sebuah pelajaran hikmah kepada muridnya, lalu guru tersebut mengajak muridnya itu pergi bersamanya, tidak lama dari itu sang guru menyuruh muridnya itu untuk menunggu tugas selajutnya di bawah pohon yang telah ditentukan oleh sang guru.
“Tunggulah tugas selajutnya disini” Ucap sang guru sambil menujukkan jarinya kesebuah pohon jambu besar didepannya.

 

Lihat juga [Mengenal Apa Itu Malaikat Dalam *Sudut ISLAM*]

 

Jatuhnya Jambu Yang Pertama

Waktupun berlalu, seiring menit dan jampun telah terlewat, namun sang guru belum juga datang memberikan tugas selajutnya, tak terasa perut sang murid telah lapar, tak lama kemudian dari atas pohon jatuhlah sebuah Jambu besar yang jatuh tepat didepan sang murid.
Dengan perasaan heran, sang murid mulai memperhatikan pohon tersebut, dilihatnya rating demi rating dia coba perhatikan, adakah sesuatu yang aneh dari pohon ini, namun Karena perutnya lapar maka dimakanya lah Jambu tersebut.

 

Jatuhnya Jambu Yang Kedua.

Waktu kembali berlalu, baru selesai memakan potongan apel terakhir jatuhlah lagi sebuah jambu, dan lagi-lagi tepat berada didepan tepat bersandar sang murid.
Dengan perasaan yang senang sang murid pun kembali memakan jambu tersebut. Didalam hati nya pun dia berkata.
“Berutung sekali aku hari ini” ujar murid tersebut.

 

Jatuhnya Jambu Yang Ketiga.

Kembali lagi waktu berlalu, namun sang guru belum juga datang dengan tugas untuknya, sambil duduk bersila dibawah pohon, tak lama lagi-lagi dari atas pohon jatuhlah lagi sebuah jambu besar, namun kali ini jambu itu jatuh tepat mengenai kepala murid itu.
Dikarenakan hal itu, sang murid bangkit dan naik keatas pohon jambu itu, dengan rasa kesal dan penasaran dicarinyalah penyebab mengapa buah jambu itu jatuh tepat dibawah kepalanya.

 

Lihat Juga“1001” Kisah Islam Penuh Hikmah “Wanita Berkulit Hitam dan Selempang” ]

 

Itulah Manusia.

Lama dia mencari atas pohon, tiba-tiba sang guru murid tersebut datang, dan dengan cepat sang murid menghampiri gurunya.

“Apa yang kau cari ?” ucap sang guru.

“Aku mencari orang yang melepar ku dengan buah jambu ini guru” Ujar sang Murid.

Guru tersebut tersenyum dan berkata
“Tidak ada orang yang melempar mu, dan kepada siapa kau mencari ?”

Murid itu diam, lalu guru itu melajutkan perkataanya
“Aku lihat ada dua buah bekas jambu yang kau makan, apakah jambu itu juga jatuh sendiri ?”

“Iya” jawab sang murid.

“Lalu apa bedanya dengan dengan Jambu terakhir ?” sambut sang guru

“Yang pertama dan kedua jatuh tepat didepan ku, sedangkan yang ketiga jatuh tepat dikepalaku” ucap sang murid

Guru itu tertawa, dan lalu mengajak sang muridnya pulang sambil berkata.
“Itulah Manusia, kita sering mendapatkan kenikmatan dari Tuhan (Allah SWT), tapi kita lupa besyukur, dan ketika kita baru diberikan sebuah teguran kecil dari Tuhan (Allah SWT) kita mencari dan bertanya mengapa ini terjadi, seolah-olah kita telah merasa benar dengan semua hal yang kita lakukan didunia, oleh karenanya sadarilah bahwa Tuhan (Allah SWT) itu selalu memberi kita yang terbaik bukan yang terburuk, hanya saja kita ini sering lupa kepada Nya.”

-[*-^]-

 

Metafora cerita.

Dari tulisan ini tentang [1001 “Kisah Islam Penuh Hikmah : Cara Allah Menegur Kita”] izinkan kami memberikan sebuah metafora cerita ini. intinya itulah salah satu cara Allah SWT menegur kita.

Kejadian jatuhnya jambu pertama dan kedua, sama seperti ketika kita dapat rezeki, terkadang entah kita sadari atau tidak, kita sering lupa untuk bersyukur dan berterima kasih atas nikmatNya tersebut, dan bahkan cenderung kita langsung saja menikamati dan lupa untuk mengingatNya.

Kita sering terbuai akan nikmat kecil yang telah Allah Berikan, bahkan saking terbuainya kita malah menganggap nikmat tersebut sebagai bentuk keberutungan yang ada pada diri kita, dan tak jarang juga kita mungkin menganggap segala nikmat itu berasal dari kerja keras kita sendiri, dan bukan dari Allah.

Oleh karenanya Jangan-lah sampai buat Allah SWT menjatuhkan jambu tepat diatas kepala kita alias teguran, yang membuat kita agar menoleh dan teringat kepada Allah SWT, sebab bila itu telah terjadi kita tidak akan pernah tahu seberapa keras atau seberapa banyak cara Allah menegur kita.

Tapi biarpun begitu sesungguhnya Allah SWT sungguh amat sayang kepada kita, percayalah selalu-lah bersyukur atas segala nikmatNya dan teruslah beribadah serta berjalanlah dijalan yang telah Allah SWT tentukan untuk kita. Wallahu A’lam.

 

Lihat Juga :

 

 

 

 

1001 “Kisah Islam Penuh Hikmah : Cara Allah Menegur Kita” | zeroxdeni | 4.5
Shares
%d bloggers like this: